Dr Aqua Dwipayana Pompa Spirit Prajurit Lanal Raih Pencapaian Terbaik
Oleh : Redaksi
Minggu | 01-09-2024 | 08:04 WIB
aqua_al_saiban.jpg
Flayer sharing komunikasi dan montivasi Dr Aqua Dwipayana bertajuk 'Lanal Cirebon Kuat menuju TNI Angkatan Laut yang Maju' di Cirebon, Jawa Barat. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Cirebon - Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memompa semangat para prajurit dengan pesan-pesan motivasi yang kuat. Ia mengajak para prajurit untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tugas dan tanggung jawab mereka. Dengan penuh semangat, pembicara kawakan ini menyampaikan bahwa setiap prajurit memiliki peran penting dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang maju dan profesional.

Dr Aqua Dwipayana kini hadir di 'Kota Udang' Cirebon. Di kota pesisir paling utara Provinsi Jawa Barat itu, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut kembali melaksanakan serangkaian silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Pada Selasa 27 Agustus 2024, Dr Aqua Dwipayana yang juga Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu menyampaikan sharing bertajuk “Lanal Cirebon Kuat menuju TNI Angkatan Laut yang Maju” di Ruang Serba Guna Mako Lanal Cirebon Jl. Kesunean No. 33 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sharing disampaikan kepada puluhan personel Pangkalan Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) atau Lanal Cirebon. Acara yang dipimpin Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., M.Tr.Opsla., D.W.C., M.Sos., itu dihadiri puluhan orang. Terdiri dari unsur perwira (15 orang), bintara (35), tamtama (13), PNS (7), pengurus Jalasenastri (10), dan lain-lain.

"Dalam diri kalian semua terdapat potensi besar yang harus terus diasah. Jangan pernah merasa cukup dengan apa yang telah dicapai. TNI AL membutuhkan prajurit-prajurit yang selalu haus akan prestasi dan terus berinovasi," tegas Dr Aqua Dwipayana.

Lebih lanjut, motivator kawakan itu menekankan pentingnya integritas dan loyalitas dalam menjalankan tugas. Menurutnya, integritas adalah fondasi utama membangun kepercayaan, baik di internal TNI AL maupun di mata masyarakat. Loyalitas kepada negara, pimpinan, dan rekan sejawat juga merupakan nilai yang tidak bisa ditawar dalam institusi militer.

"Integritas dan loyalitas adalah harga mati bagi seorang prajurit. Tanpa kedua hal ini, segala upaya kita untuk memajukan TNI AL akan sia-sia. Jadilah prajurit yang tidak hanya kuat fisiknya, tetapi juga kuat moral dan etika," kata Dr Aqua Dwipayana.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, meningkatkan profesionalisme prajurit merupakan kunci untuk mencapai kejayaan TNI Angkatan Laut. Slogan "Jalesveva Jayamahe" yang berarti "Di Laut Kita Jaya" mencerminkan visi tersebut.

"Angkatan Laut Indonesia harus terus berkomitmen meningkatkan profesionalisme prajuritnya. Berbagai langkah strategis dan inovatif telah diambil untuk memastikan prajurit TNI Angkatan Laut tidak hanya berdedikasi tinggi, tetapi juga siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan," ujar Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini.

Lebih jauh Dr Aqua Dwipayana menegaskan pentingnya pendidikan dan pelatihan berkualitas tinggi. Kurikulum di Akademi Angkatan Laut dengan teknologi dan taktik modern harus terus diperbarui seturut irama zaman. Pelatihan rutin yang realistis sesuai kondisi medan sesungguhnya menjadi prioritas.

Pria yang telah memotivasi lebih dari 2 juta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara itu juga mengatakan, tidak hanya mengutamakan kemampuan teknis, TNI AL mesti fokus pada pengembangan karakter dan kepemimpinan. Program pengembangan kepemimpinan diperkenalkan untuk semua tingkat perwira.

"Semua unsur harus menekankan pentingnya integritas, disiplin, dan etika profesi dalam setiap pelatihan," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Mantan Wakasal Hadir Jadi Sangat Istimewa

Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi kali ini sangat istimewa karena dihadiri oleh mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Purn Achmad Taufiqoerrochman. Bapak dua anak itu bersama Dr Aqua Dwipayana pada Senin (26/8/2024) malam telah tiba di Cirebon. Dari Jakarta mereka naik kereta Bima.

Selama di Cirebon mereka menjadi tamu Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah. Pelayanan yang mereka rasakan istimewa sekali.

Begitu tiba di Cirebon mereka langsung dijamu di resto Tepian Rasa. Pejabat utama Lanal Cirebon yang hadir adalah Dandenpomal Kapten Laut (PM) Yudha Pratama, Pasminlog Lettu Laut (P) Imam Supriyono, Pasprogar Letda Laut (S) Jen Abidin, dan Pabungkol Letda Laut (T) M. Ali Irvan.

Taufiq sangat dekat dengan Ridwan. Saat menjabat Wakasal dan Kepala Badan Keamanan Laut, Ridwan orang kepercayaan Taufiq dengan jabatan Kabagset. Hubungan keduanya seperti ayah dan anak.

Dr Aqua Dwipayana dan Taufiq sengaja khusus datang ke Cirebon. Sebelum Ridwan promosi ke Koarmada I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau dengan pangkat Kolonel.

Banyak Prestasi Lanal Cirebon

Pangkalan TNI AL Cirebon atau (Lanal Cirebon) merupakan satuan pelaksana Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III Jakarta dalam jajaran Koarmada I. Dengan tugas pokok dukungan logistik, administrasi, bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut dan melaksanakan pembinaan peran TNI AL dan melaksanakan pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan wilayah keamanan laut.

Markas komando Lanal Cirebon berada di JL. Kesunean, No. 33, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Wilayah kerja

Luas wilayah kerja Lanal Cirebon yakni mencakup Perairan Laut Blanakan di Kabupaten Subang hingga Bondet Kabupaten Cirebon, terdapat 2 Pos AL (POSAL) dan 5 Pos Pengamat (Posmat) dalam Lanal Cirebon yaitu:

1. Posal Blanakan, Kabupaten Subang.
2. Posal Gebang, Kabupaten Cirebon.
3. Posmat Eretan, Kabupaten Indramayu.

4. Posmat Karangsong, Kabupaten Indramayu.
5. Posmat Ciasem, Kabupaten Subang.
6. Posmat Dadap, Kabupaten Indramayu.
7. Posmat Bondet, Kabupaten Cirebon.

Visi:

Andal Profesional dan dibanggakan.

Misi:

Melaksanakan dukungan operasional bagi unsur satuan operasi yang meliputi Rebase, Repair, Replenishment, Rest and Recreation.

Pimpinan: Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., M.Tr.Opsla., D.W.C., M.Sos (Danlanal Cirebon).

Nilai yang selalu ditekankan pimpinan kepada semua jajaran: Kerja ikhlas karena apabila ikhlas, hasil akan kembali ke diri kita sendiri.

Prestasi

1. Juara 2 Lanal Teladan Tahun 2023.
2. Ketua Cabang 8 Korcab III DJA I meraih Juara 1 Lomba MC Informal Tingkat Pusat.
3. Tim Kolintang Sarwajala Mewakili Koarmada I dalam lomba Kolintang TNI AL.

4. Tim Rebana Jalasida Cirebon sering mengisi di berbagai event baik di Kota
Cirebon maupun di luar Kota Cirebon dan meraih juara tingkat Kota Cirebon.
5. UMKM Jalasenastri Lanal Cirebon sering mengisi di berbagai event baik di Kota Cirebon maupun di luar Kota Cirebon.

6. Sarwajala Shooting Club, beberapa putra putri angota Lanal Cirebon meraih kejuaraan menembak baik di tingkat Kota hingga pada ajang tingkat nasional.

7. Sarwajala Diving Club, mengukir prestasi sebagai berikut:

Lolos BK PON Jakarta, untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024 nomor OBA Putra.

Medali Emas Porprov Jabar 2018 nomor selam Kolam Estafet di Kabupaten Bogor.

Medali Emas Porprov Jabar 2022 nomor selam OBA di Pangandaran.*

Editor: Dardani