Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Terjunkan 4 Ribu Personel Amankan Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta
Oleh : Redaksi
Sabtu | 31-08-2024 | 17:44 WIB
paus-fransiskus1.jpg Honda-Batam
Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Indonesia. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 4.730 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus dan acara International Sustainability Forum (ISF) di Jakarta.

Ribuan personel gabungan itu merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Tribata Jaya 2024 yang digelar pada 2-7 September.

"Dalam operasi ini, personel yang dilibatkan sebanyak 4.730 personel dengan rincian 1.210 dari personel Mabes Polri, kemudian 3.520 dari jajaran Polda Metro Jaya," kata Kepala Biro PID Divhumas Polri Brigjen Tjahyono Saputro kepada wartawan, Sabtu (31/8/2024).

Sebagai persiapan, kata Tjahyono, pihaknya pun telah menggelar tactical floor game (TFG) pada Jumat (30/8/2024).

Dalam TFG itu, lanjut dia, dipersiapkan sejumlah skenario terkait upaya pengamanan yang dilakukan oleh anggota.

"Dilaksanakan skenario-skenario yang kemungkinan akan terjadi, mulai dari pelaksanaan kedatangan bapak Paus, sampai dengan keberangkatan kembali menuju Papua Nugini," ucap dia.

"Kemudian juga skenario-skenario juga dilatihkan terkait dengan kondisi situasional seperti apabila terjadi bencana alam ataupun hal-hal lain yang sifatnya mengganggu daripada pelaksanaan pengamanan ini," imbuhnya.

Tjahyono menyebut dalam TFG itu pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi aksi teror hingga demonstrasi selama kunjungan Paus dan kegiatan ISF.

"Sudah diskenariokan apa-apa kemungkinan yang terburuk terjadi, mulai dari gangguan terorisme, kemudian unjuk rasa terhadap orang-orang yang mungkin tidak berkenan kehadiran ini, termasuk juga dengan adanya gempa bumi apabila ini terjadi," tuturnya.

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke sejumlah negara di Asia Pasifik terutama Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi.

Paus dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). Sehari setelah tiba, pemimpin umat Katolik itu akan bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (4/9/2024).

Selain itu, Paus juga dikabarkan akan mengunjungi Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

Selain itu, Paus juga akan bertemu dengan perwakilan dari enam agama dan denominasi resmi Indonesia yakni umat Islam, Protestan, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu di Masjid Istiqlal pada Kamis (5/9/2024).

Pada hari yang sama, Paus asal Argentina itu juga akan memimpin misa akbar yang dihadiri sekitar lebih dari 80 ribu umat Katolik di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha