Resmikan 4 Program Baru

BINUS University Fakultas Humaniora Siapkan Gen-Z Bertalenta Hadapi Persaingan Global
Oleh : Redaksi
Senin | 26-08-2024 | 11:04 WIB
BINUS.jpg
Fakultas Humaniora BINUS University menyelenggarakan acara Studium Generale pada tanggal 24 Agustus 2024, diikuti dengan launching empat program studi baru. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di era digital yang penuh dengan dinamika dan persaingan global, generasi muda dihadapkan pada tantangan untuk mempersiapkan diri lebih awal agar bisa meraih karier yang cemerlang.

Namun, akses terhadap pendidikan berkualitas yang dapat membekali mereka dengan keterampilan yang relevan sering kali menjadi kendala, terutama bagi mereka yang menghadapi keterbatasan ekonomi. Kondisi ini bisa menyebabkan banyak talenta muda kehilangan kesempatan untuk berkembang di bidang yang mereka minati.

Menanggapi tantangan tersebut, Fakultas Humaniora BINUS University menyelenggarakan acara Studium Generale pada tanggal 24 Agustus 2024, diikuti dengan launching empat program studi baru. Acara ini menjadi momen penting bagi mahasiswa dan calon mahasiswa untuk menyadari pentingnya memulai lebih awal dalam menggapai karier di era digital.

Tema yang diangkat 'Menjadi Talenta Kreatif di Masyarakat Multikultural yang Siap Bersaing Secara Global di Era Digital' menegaskan komitmen fakultas dalam menyediakan solusi melalui program Beasiswa 100%.

Studium Generale: Menggali Potensi untuk karier di Era Digital

Acara dimulai dengan Studium Generale yang menghadirkan narasumber dari perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Otsukai, Huawei, Grand Mansion, dan Catalyst. Mereka berbagi wawasan tentang bagaimana industri saat ini sangat membutuhkan talenta yang tidak hanya kreatif, tetapi juga mampu beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja yang multikultural dan didorong oleh teknologi.

"Acara Studium Generale dan launching program baru ini adalah langkah nyata BINUS University dalam menjawab tantangan era digital dengan memberikan solusi berupa pendidikan berkualitas global. Melalui acara ini, tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di pasar kerja global, tetapi juga memastikan bahwa mereka dapat memulai lebih awal dalam menggapai karier yang sukses di bidang business, multikultural, digital dan kreatif di era kini," ujar Nelly, Rektor BINUS University, dalam keterangan persnya, Sabtu (24/8/2024).

Para narasumber menekankan bahwa era digital membuka banyak peluang baru, namun untuk memanfaatkannya secara maksimal, generasi muda harus siap sejak awal. Mereka harus mampu memahami teknologi, menguasai keterampilan digital, dan memiliki wawasan budaya yang luas. Memulai lebih awal dalam membangun karier di bidang ini memberikan keuntungan kompetitif, memungkinkan mereka untuk meraih posisi strategis di industri global.

"Sebagai Alumni Sastra Inggris, Binusian 2008 saya sangat optimis dan sangat mendukung program baru yang BINUS luncurkan. Selamat atas launching 4 program baru di BINUS University. Kehadiran Global Business Chinese, Japanese Popular Culture, Creative Digital English, dan Digital Psychology adalah langkah yang luar biasa dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menghadapi tantangan global di era digital," ujar Bu Angel Lazuardi, General Manager Grand Mansion.

Launching Program Baru: Menyongsong Masa Depan dengan Keahlian Spesifik Setelah Studium

Generale, acara dilanjutkan dengan launching empat program studi baru yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan spesifik yang sangat dibutuhkan di era digital:

  • Global Business Chinese:

Program ini mempersiapkan lulusan untuk terjun dalam bisnis global dengan fokus pada bahasa dan budaya Tiongkok, memberikan mereka keunggulan dalam menjembatani hubungan bisnis antara Indonesia dan Tiongkok. Jurusan ini akan hadir di BINUS @Kemanggisan dan BINUS @Alam Sutera.

  • Japanese Popular Culture:

Dengan mengedepankan konteks pembelajaran pada budaya populer Jepang seperti anime, manga, musik, dan fashion, program ini tidak hanya mempelajari bahasa dan budaya Jepang secara mendalam, tetapi juga memahami tren budaya populer, bisnis industri kreatif Jepang dan komunikasi lintas budaya untuk menggapai karier global. Jurusan ini akan hadir di BINUS @Kemanggisan.

  • Creative Digital English:

Menggabungkan kemampuan linguistik dengan keterampilan digital, program ini mempersiapkan lulusan untuk berkarier di industri kreatif yang membutuhkan kemampuan berkomunikasi secara efektif di era digital. Jurusan ini akan hadir di BINUS @Kemanggisan.

  • Digital Psychology:

Program inovatif ini menggabungkan psikologi dengan computer science, membekali lulusan untuk mengembangkan teknologi yang mendukung kesejahteraan masyarakat. Jurusan ini akan hadir di BINUS @Kemanggisan, BINUS @Bandung, BINUS @Malang dan BINUS @Semarang.

Keempat program ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa memulai karier mereka lebih awal dengan keahlian yang sangat dibutuhkan oleh industri global. Dengan membekali diri sejak dini, mahasiswa akan lebih siap dan percaya diri untuk memasuki dunia kerja yang penuh tantangan.

Beasiswa 100%: Akses Pendidikan Berkualitas untuk Generasi Muda

Dalam upaya memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas, Fakultas Humaniora juga meluncurkan program Beasiswa 100%. Beasiswa ini memberikan dukungan penuh kepada calon mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan studi di salah satu dari empat program baru tersebut. Program ini mencakup biaya kuliah penuh, memastikan bahwa keterbatasan finansial tidak lagi menjadi penghalang bagi mereka yang ingin memulai karier di bidang yang diminati.

"Kami berharap, melalui program-program studi baru ini dan dukungan penuh dari program Beasiswa 100% yang didalamnya kita juga mencari talenta berbakat melalui beasiswa Talent Scouting secara khusus diberikan untuk para generasi muda yang ingin memulai perjalanan karier mereka lebih awal melalui jurusan Japanese Popular Culture, Global Business Chinese, dan Creative Digital English," ujar Elisa, Dekan Fakultas Humaniora BINUS.

"Dengan persiapan yang matang dan semangat untuk terus belajar, kami yakin generasi muda Indonesia mampu menjadi talenta kreatif yang tidak hanya siap bersaing secara global, tetapi juga berkontribusi nyata dalam memajukan masyarakat di tengah perubahan zaman yang cepat."

Beasiswa Talent Scouting ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki kompetensi dasar bahasa asing seperti mandarin, jepang dan inggris. Selain itu juga, beasiswa ini merupakan bagian dari solusi yang ditawarkan fakultas untuk memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari latar belakang ekonomi, memiliki kesempatan yang sama untuk sukses di era digital. Dengan pendidikan yang tepat dan akses yang merata, generasi muda dapat lebih awal meraih karier yang mereka impikan.

Editor: Gokli