Cabut Dukungan Tehadap Rudi, DPP PKS Resmi Usung Ansar-Nynyang di Pilkada Kepri 2024
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 20-08-2024 | 17:04 WIB
PKS-Usung-Ansar1.jpg
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menyerahkan langsung rekomendasi dukungan terhadap Ansar-Nyanyang di Pilkada Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mengusung pasangan Ansar Ahmad-Nyanyang Haris Pratamura (AYANG) untuk pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepri, pada November 2024 mendatang.

Rekomendasi dukungan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS Jakarta.

Atas rekomendasi terbaru dari DPP partai PKS, secara otomatis, dukungan yang awalnya untuk pasangan Rudi-Aunur Rofiq lebih dari sepekan lalu gugur.

PKS menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Ansar Ahmad-Nyanyang Haris Pratamura pada Selasa (20/8/2024) yang diserahkan langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Usai menyerahkan surat rekomendasi, Ahmad Syaikhu mengatakan, PKS akan melakukan konsolidasi nasional untuk memenangkan para calon kepala daerah yang diusung PKS.

"Insyaallah usai penetapan ini, Kami akan melakukan konsolidasi nasional dan menyerahkan surat B1KWK sebagai bukti dukungan resmi dari Partai Keadilan Sejahtera kepada Calon Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada serentak ini," terang Ahmad Syaukhi.

"PKS akan berjuang memenangkan pasangan yang diusung PKS," sambungnya.

Ketua DPW PKS Kepri Bakhtiar menyebutkan, adanya peralihan dukungan tersebut merupakan putusan dari DPP PKS.

"Peralihan keputusan dari Rudi-Aunur kepada Ansar-Nyanyang, keputusan DPP PKS. Ini sudah bukan wewenang dan level DPW PKS Kepri. Tentunya kami sebagai pengurus di bawah wajib melaksanakan keputusan pusat," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (20/8/2024).

Dia menyebutkan, peralihan ini juga dikarenakan PKS bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), sehingga mempengaruhi keputusan terkait Pilkada di semua daerah.

"Bergabungnya PKS bersama koalisi pusat (KIM) mempengaruhi keputusan terkait Pilkada di semua daerah," katanya.

Sementara itu Calon Wakil Gubernur Provinsi Kepri Nyanyang Haris Pratamura mengungkapkan, dirinya terus bersyukur atas banyaknya dukungan dari berbagai pihak yang menambah semangat dan motivasi untuk terus berjuang memenangkan Pilkada Provinsi Kepri.

"Alhamdulillah, hari ini kami menerima dukungan dari PKS, yang tentunya patut disyukuri, karena ini amanah kepercayaan yang harus diemban dan di perjuangkan sungguh-sungguh. Terima kasih kepada partai pengusung dan masyarakat yang sudah mempercayai kami untuk maju pada Pilkada Kepri," ucapnya.

Jauh hari sebelumnya, DPP PKS juga telah menyerahkan surat rekomendasi untuk pasangan yang akan maju pada Pilkada Kota Batam Amsakar Ahmad- Li Claudia Chandra.

Editor: Yudha