Atlet Karate Forki Batam Diaz Shobi Raih Emas di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-08-2024 | 08:24 WIB
1708_ATLET-KARATE_0038347326.jpg
Atlet Forki Kota Batam, Diaz Shobi berhasil meraih emas pada event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Jakarta, Rabu (14/8/2024). (Foto: Humas Forki Kepri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Atlet Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) Kota Batam, Diaz Shobi berhasil meraih medali emas pada event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Siswa SMAN 3 Kota Batam itu mengharumkan nama Provinsi Kepri di tingkat nasional, setelah berhasil mengalahkan atlet dari Kalimantan Utara (Kaltara) pada laga final.

Diaz Shobi yang didampingi pelatihnya Juanda Frans Sigalingging yang juga Ketua Divisi Pembinaan Prestasi dan Perwasitan Forki Provinsi Kepri itu mengaku gembira dengan prestasi anak didiknya itu. Tak lupa, Juanda juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad.

"Saya sebagai pelatih mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepri, Kadisdik, Ketua Umum Forki Kepri Albert Gultom, Sekretaris Forki Kepri Bendri Sitorus dan masyarakat Kepri atas doa dan dukungannya," ujar Juanda gembira.

Ditambahkannya, sebelum bertanding di ajang O2SN di Jakarta, Diaz menjalani pelatihan intensif di TC (Training Center) Forki Kota Batam. "Terimakasih kepada Forki Batam yang telah memfasilitasi kami dengan baik, lalu kami terus mempertajam kemampuan skill dan teknik atlet kami," tambah Juanda.

Kemudian, Ketua Forki Kota Batam yang juga dipercaya menjadi Sekretaris Forki Provinsi Kepri, Benri Sitorus mengungkapkan, pihaknya merasa bangga dan bergembira atas prestasi yang diraih oleh atletnya itu, Diaz Shobi di tingkat nasional.

"Ini berita baik yang kita terima saat ini, di kepengurusan Forki Provinsi Kepri yang baru ini, usai kegiatan
Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam 19-21 Juli 2024 lalu di Mall Botania 2 Batam Center, atlet kita berhasil menorehkan prestasi nasional," ujar Benri Sitorus, bangga.

Ditambahkannya, Forki Provinsi Kepri mengirim tiga orang atlet terbaiknya mewakili Provinsi Kepri, dua orang dari Batam dan satu orang lagi di Tanjungpinang. Mereka bertanding di ajang O2SN yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Praptono, di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta, 13 Agustus 2024 lalu.

"Setelah meraih prestasi nasional ini, Diaz Shobi akan berlaga di kejuaraan karate tingkat dunia untuk pelajar bulan Oktober 2024 di Belanda," ungkap Benri Sitorus lagi.

Menghadapi event internasional ini, Forki Kepri akan berkoordinasi dengan pelatih untuk memperkuat persiapan teknis dan mental atlet. Setelah itu, Diaz akan dihandle oleh para kepala pelatih di PB Forki Pusat.

"Mengenai apresisasi dari Forki Provinsi Kepri, Benri mengungkapkan, Ketua Forki Kepri Albert Gultom akan memberikan apresiasi kepada atlet dan pelatihnya. Kita terimakasih kepada Ketua Forki Kepri yang baru ini, atas apresiasi dan dukungannya selama ini," tambah Ketua Forki Kota Batam itu mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Forki Kepri Albert Gultom mengaku sangat senang dan bangga atas prestasi altet Forko Kota Batam ini di tingkat nasional. Albert berharap agar prestasi Diaz ini dapat ditularkan kepada semua atlet Forki lain di Provinsi Kepri. Caranya?

"Yang pasti dengan menyelenggarakan turnamen, event di tingkat kota maupun provinsi di Provinsi Kepri. Bahkan, di tingkat nasional kita harus selalu mengikutkan atlet-atlet kita yang berprestasi seperti ini, juga altet yang lainnya," ujar Albert Gultom.

Selanjutnya, tambahnya, Forki Provinsi Kepri akan menyelenggarakan Seleksi Daerah (Selekda) di Batam pada September 2024 mendatang. "Kita akan menggelar Selekda untuk menjaring atlet yang berprestasi sebagai persiapan kejuaraan nasional," ungkap Albert mengakhiri.

Editor: Dardani