Pakaian Adat dan Profesi Warnai Upacara HUT RI ke-79 di Kelurahan Senggarang
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 17-08-2024 | 11:44 WIB
Senggarang.jpg
Lurah Senggarang, Edi Susanto, mengenakan pakaian adat China, Cheongsam, saat memimpin upacara peringatan HUT RI ke-79 di Pelantar Pelangi, Sabtu (17/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, menggelar upacara Detik-Detik Proklamasi di Pelantar Pelangi Senggarang, dengan nuansa yang berbeda dari peringatan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam upacara kali ini, Lurah Senggarang, Edi Susanto, bertindak sebagai inspektur upacara dengan mengenakan pakaian adat China, Cheongsam. Pemimpin upacara dan sebagian besar peserta lainnya juga mengenakan pakaian adat, yang memberikan sentuhan unik pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Sabtu (17/8/2024).

Upacara tersebut dihadiri peserta dari berbagai kalangan, termasuk anggota LSM, LPM, RT/RW se-Kelurahan Senggarang, serta mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Riau.

Edi Susanto menjelaskan, penggunaan pakaian adat pada upacara tahun ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan yang ada di wilayah tersebut. "Kami ingin mengadakan upacara di tengah masyarakat agar mereka sadar bahwa perjuangan kini tidak lagi harus berdarah-darah," ujarnya.

Lurah Edi juga menambahkan, pemilihan pakaian adat China dalam upacara ini mengingatkan pada sejarah Senggarang sebagai kawasan Pecinan. "Saya berharap di masa depan kita bisa terus melestarikan budaya lainnya, seperti budaya Flores, Melayu, Bugis, dan lainnya," terangnya.

Selain itu, Edi mengapresiasi kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat, mengingat Senggarang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Tanjungpinang sebagai Kelurahan Toleransi.

"Kata 'toleransi' inilah yang harus kita lestarikan sebagai upaya dalam melestarikan budaya, seperti yang tercermin dalam upacara tahun ini," pungkasnya.

Editor: Gokli