AGK Resmi Jabat Plt Ketua Umum Partai Golkar, Munas Digelar 20 Agustus
Oleh : Irawan
Rabu | 14-08-2024 | 09:24 WIB
agk_ketua_plt.jpg
Rapat pleno DPP Partai Golkar pada Selasa (13/8/2024) malam, menujukkan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Rapat pleno DPP Partai Golkar pada Selasa (13/8/2024) malam, menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmira (AGK) sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar mengantikan Airlangga Hartarto yang mundur beberapa waktu lalu.

Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid, menyatakan, rapat pleno membahas kepengurusan DPP Partai Golkar pasca Airlangga Hartarto resmi mundur sepakat menujuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golka.

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Meutya Hafid di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (13/8/2024) malam.

Diketahui, nama Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) gencar diisukan bakal menggantikan Airlangga Hartato sebagai Plt ketua umum Partai Golkar. Isu ini makin diperkuat dengan gesture para petinggi yang langsung menyambut kedatangannya di DPP Golkar.

Jelang rapat pleno tersebut, beredar kabar jika seluruh kader Partai Golkar sudah sepakat dan mendukung Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Plt ketua umum Partai Golkar.

AGK tiba di Kantor DPP Partai Golkar pukul 18.30 WIB. Dengan mengenakan jas resmi Partai Golkar, ia tampak disambut para petinggi DPP Partai Golkar.

Adapun, para petinggi yang menyambut kedatangan calon kuat pemimpim partai ini adalah Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, MQ Iswara, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir.

Plt Ketua Umum Golkar akan bertugas hingga ketua umum definitif ditetapkan. Rapat pleno juga menentukan jadwal musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang akan memilih ketum Golkar secara definitif.

Setelah resmi terpilih sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita langsung mendapat tugas untuk menggelar Rapimnas dan Munas ke-11 Partai Golkar.

Rencananya, Rapimnas dan Munas Partai Golkar akan digelar di Jakarta pada Selasa mendatang (20/8/2024).

"Tugas utama saya sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar adalah mengantarkan Golkar menuju Rapimnas dan Munas ke-11 Partai Golkar," ucap AGK.

AGK menjelaskan, Rapimnas akan digelar pada pagi hari. Kemudian acara dilanjut pada malam hari dengan agenda Munas Golkar. "Sudah disepakati akan digelar di Jakarta," imbuh AGK yang juga Menteri Perindustrian ini.

Lebih lanjut, AGK berharap seluruh kader Partai Golkar dapat terus menjaga stabilitas dan melanjutkan program-program strategis partai menghadapi Pilkada serentak 2024.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono berpendapat munas harus segera dilaksanakan untuk menentukan ketua umum definitif mengingat pendaftaran pasangan calon Pilkada 2024 akan diselenggarakan pada 27-29 Agustus.

Ia menilai penetapan ketum definitif pun harus rampung sebelum memasuki masa pendaftaran. "Karena mengingat pendaftaran Pilkada akan dimulai pada 27 Agustus. Jadi sebelum itu harus sudah selesai," ujarnya.

Editor: Surya