Kemendagri Dorong Optimalisasi Peran BUMDes pada Rakornas P3PD Tahun 2024
Oleh : Irawan
Minggu | 11-08-2024 | 11:36 WIB
tomsi_kemendagri_bumDes.jpg
Plt Sekjen kemendagri Tomsi Thir ada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun 2024 di jakarta (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir mendorong optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun 2024.

Pasalnya, masih sedikit desa yang berhasil memaksimalkan BUMDes untuk kemajuan dan kemandirian desa.

Tomsi menyampaikan, percepatan perkembangan ekonomi di desa dapat ditingkatkan melalui pelatihan yang berkaitan dengan BUMDes.

Penguatan peran BUMDes ini juga bisa mencegah urbanisasi penduduk, karena banyak pekerjaan tersedia di desa.

Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mencari pekerjaan ke kota, berimpit-impit di bus, hingga mencegah seseorang luntang-lantung di kota.

"Pelatihan berkaitan dengan Badan Usaha Milik Desa, percepatan perkembangan ekonomi di desa ini sangat penting, karena 70 persen keluarga kita ada di desa. Aturan mengatakan maksimum 40 persen [Dana Desa] boleh digunakan untuk Badan Usaha Milik Desa, BUMDes," katanya.

Tomsi mengungkapkan, apabila setiap desa berhasil mengembangkan BUMDes, maka ekonomi desa akan tumbuh.

Ketika ekonomi desa tumbuh, maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Hal inilah yang menjadi salah satu upaya terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Indonesia Emas itu bukan hanya karena kota, tapi ditentukan keberhasilan teman-teman yang ada di desa ini. Terus kewajiban teman-teman bagaimana men-support-nya bagaimana memberikan ide bagaimana mendorong," ungkapnya.

Selain itu, pengembangan BUMDes juga bisa dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Tomsi mencontohkan, pengembangan usaha di bidang perikanan yang melibatkan nelayan, bisa bekerja sama dengan BUMDes di desa lain untuk distribusi dan informasi harga ikan. Selain itu, upaya ini juga bisa memanfaatkan bank daerah untuk membantu permodalan.

"BUMDes ini harus gabung [kerja sama], beli kapal, menyerap tenaga kerja, hasilnya kan juga untuk desa masing-masing. [Kalau] uangnya tidak cukup, bisa pinjam di bank pembangunan daerah, jaminan ya kapal itu," terangnya.

Dirinya juga menambahkan pentingnya pembelajaran sistem keuangan desa dan pemanfaatannya untuk pembangunan desa.

Melalui sistem keuangan desa yang tertib, maka penyelewengan-penyelewengan yang berkaitan dengan Dana Desa dapat dihindari.

Pasalnya, masih banyak kepala desa yang terjerat kasus hukum lantaran tidak tepatnya penggunaan Dana Desa.

"Perlu penyadaran bahwa ini uang [Dana Desa] bukan uang pribadi, bukan uang kepala desa. Harapannya dengan sistem keuangan desa ini semaksimal mungkin penyerapan anggaran desa ini benar-benar dapat bermanfaat bagi perkembangan desa tersebut," tandasnya.

Editor: Surya