Ojwa Raih Prestasi Internasional Lewat Lagu 'I Look to You'
Oleh : Redaksi
Selasa | 30-07-2024 | 08:44 WIB
3007_ojwa-juara-inter_02392382347.jpg
Yokke Indriana (kiri) Ojwala (tengah) Bambang Prijambodo (kanan). (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di tengah gemerlap panggung 'Kreta Ayer People's Theatre, Singapura, Indonesia' kembali menunjukkan taringnya di kancah internasional. Kejutan itu datang dari Renaissance Ojwala Kanahaya yang biasa disapa Ojwa.

Ojwa adalah remaja berusia 14 tahun yang masih duduk di bangku kelas tiga SMP di Sekolah Harapan Bangsa, Tangerang. Ia berhasil meraih juara pertama di kategori Vocal Solo pada 11th Asia Arts Festival 2024. Festival yang diselenggarakan pada 15-21 Juli 2024 dan diikuti oleh para peserta dari berbagai negara Asia.

Ojwa yang membawakan lagu 'I Look to You' dengan penuh penghayatan, berhasil menyisihkan para peserta lainnya dalam kategori Vocal Solo. Tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri, prestasi Ojwa ini juga merupakan bukti nyata regenerasi talenta muda Indonesia yang mampu bersaing di level internasional.

Ojwa mengungkapkan, bahwa festival ini memberikan pengalaman berharga bagi dirinya. "Dari event ini aku jadi senang, terus aku jadi bisa mengukur seberapa jauh kemampuan aku untuk nyanyi," ujar Ojwa dengan semangat, Senin (29/7/2024).

Meskipun harus bersaing dengan banyak peserta dari negara Asia yang menyanyikan lagu seriosa, Ojwa tetap menunjukkan kemampuan vokalnya yang luar biasa dan berhasil memenangkan hati para juri.

Keberhasilan Ojwa tidak lepas dari dukungan penuh keluarganya. Ojwa adalah anak dari pasangan Bambang Prijambodo dan Yokke Indriana. Saat ke Singapura, Ojwa didampingi langsung oleh sang ibu dan coach Teddy dari Gita Bumi Voice.

"Bunda bantuin aku makai kostum, dandanin aku," kata Ojwa. Ia juga mengakui bahwa persiapan menuju kompetisi ini tidak selalu mulus. "Aku kan memang anaknya suka mood swing jadi kadang mood aku suka naik turun," tambahnya.

Namun, berkat latihan keras selama beberapa minggu, Ojwa mampu mengatasi tantangan tersebut dan tampil memukau di Singapura. Dukungan dari sekolah juga turut memberikan motivasi lebih bagi Ojwa.

"Kalau masukin sertifikat prestasi aku, aku bisa dapat diskon, terus aku ikut lomba-lomba di sekolah juga," ujarnya. Prestasi Ojwa ini tentunya menjadi inspirasi bagi teman-temannya di Sekolah Harapan Bangsa dan remaja lainnya di seluruh Indonesia.

Ke depan, Ojwa berencana untuk serius mengembangkan bakatnya. Meskipun belum ada rencana kompetisi lain di tahun ini, ia berharap bisa tampil di ajang internasional lainnya tahun depan, seperti di Denmark bersama Gita Bumi Voice. Ojwa yang mengidolakan Mariah Carey, Beyonce, dan Celine Dion ini berharap bisa terus mengukir prestasi dan membawa nama Indonesia semakin harum di dunia internasional.

Sementara itu, Bambang Prijambodo, ayah Ojwa, mengatakan bahwa kemenangan Ojwa di Asia Arts Festival 2024 bukan hanya sekadar kemenangan individu, tetapi juga menjadi simbol kemunculan talenta muda Indonesia di kancah global. "Dengan semangat dan dedikasi seperti yang ditunjukkan oleh Ojwa, masa depan dunia seni Indonesia tampak semakin cerah," kata Bambang.

Ojwa adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Bambang sendiri merupakan pengusaha asal Magetan yang kemudian banyak berkiprah di Jakarta. Bambang dikenal sebagai pengusaha migas, pendiri beberapa cabang Sego Pecel Magetan di Jabodetabek, dan pemilik destinasi pariwisata Tirto Gumarang, Magetan.

Editor: Gokli