Hajar Australia, Thailand Lolos Final AFF U-19
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-07-2024 | 16:04 WIB
Thailand-Australia1.jpg
Thailand lolos ke final Piala AFF U-19 2024 usai kalahkan Australia. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Thailand lolos ke final Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Australia 1-0 di semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024).

Pertandingan Australia vs Thailand digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7) sore pukul 15.00 WIB.

Thailand berhasil unggil pada menit ke-13 usai kiper Australia Dylan Peraic Cullen melakukan blunder fatal saat gagal mengontrol bola dengan baik ketika menerima back pass dari rekannya Dylan Paul Leonard yang menyebabkan gawangnya kebobolan. Thailand unggul 1-0 atas Australia lewat gol bunuh diri Dylan Paul.

Di menit ke-33, Australia sebenarnya mendapatkan penalti usai bek Thailand Jirapol Saelio melanggar Jake Najdovski di kotak penalti.

Namun usai mengecek VAR, wasit asal Malaysia Razlan Joffri Ali menganulir penalti untuk Australia karena Jake Najdovski dianggap diving dan menganulir kartu kuning untuk Jirapol Saelio.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand unggul 1-0 atas Australia di babak pertama.

Pada menit ke-49 Australia mampu mengancam gawang Thailand lewat sontekan Jake Najdovski usai meneruskan umpan silang Tiago Quintal. Sayang Jake melakukan handball di depan kotak penalti Thailand.

Di menit ke-52, Australia mendapatkan peluang bagus lewat Tiago Quintal, namun tembakannya berhasil ditepis kiper Thailand Kittipong Bunmak.

Pada menit ke-67 Thailand harus bermain dengan 10 pemain usai Rapeephat Padhathaisong mendapatkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah. Thailand pun lebih berkonsentrasi pada bertahan total.

Di menit ke-69 Australia kembali mengancam gawang Thailand lewat tembakan Marcus James Younis. Tapi tembakannya bisa ditangkap kiper Thailand.

Pada menit ke-75 Australia membahayakan gawang Thailand lewat tembakan Zane Sam Helweh. Namun tembakannya masih membentur tiang sebelah kanan gawang Thailand.

Hingga pertandingan berakhir skor tidak berubah, Thailand menang 1-0 atas Australia. Thailand lolos ke final Piala AFF U-19 2024.

Di final, Thailand akan bertemu pemenang semifinal kedua antara Indonesia vs Malaysia yang berlangsung Sabtu (27/7/2024) malam.

Final Piala AFF U-19 2024 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) mendatang pukul 19.30 WIB.

Sedangkan pertandingan perebutan tempat ketiga akan digelar di Stadion GBT pada Senin (29/7/2024) sore.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha