Indosat dan Garuda Indonesia Jajaki Kolaborasi Perkuat Pertumbuhan Sektor Penerbangan dan Pariwisata
Oleh : Aldy
Sabtu | 27-07-2024 | 13:04 WIB
Indosat-Garuda.jpg
Penandatangan komitmen kerja sama di Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta oleh Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, dan Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia, yang turut disaksikan oleh perwakilan Kemenparekraf RI dan Sandeep Chakravorty, Duta Besar India untuk Republik Indonesia. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Garuda Indonesia, maskapai nasional Indonesia, memperkuat misi kolaborasi strategis dalam pemanfaatan inovasi dan solusi teknologi terkini untuk merevolusi sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia.

Kolaborasi yang bertujuan untuk mendorong akselerasi sektor penerbangan dan pariwisata ini turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Sinergi antara dua instansi ini direpresentasikan melalui penandatangan komitmen kerja sama di Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta oleh Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, dan Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia, yang turut disaksikan oleh perwakilan Kemenparekraf RI dan Sandeep Chakravorty, Duta Besar India untuk Republik Indonesia.

Inisiatif yang dibentuk dari kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong langkah transformasi digital dalam kualitas layanan di sektor penerbangan dan pariwisata melalui pemanfaatan teknologi termutakhir. Garuda Indonesia, sebagai maskapai full service Indonesia, akan menjajaki penerapan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas operasional termasuk dalam upaya untuk optimalisasi layanan penerbangan, peningkatan potensi  ancillary revenue, serta personalisasi pengalaman penumpang.

Langkah strategis ke depannya diharapkan  tidak hanya akan memberikan nilai tambah bagi Garuda Indonesia dan pelanggannya, namun juga memposisikan Indosat sebagai pelopor integrasi teknologi termutakhir di industri ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menyampaikan, kemitraan ini menandai momen penting bagi sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi termutakhir, Indonesia tidak hanya meningkatkan pengalaman wisatawan tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru yang akan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Kolaborasi ini menetapkan standar global untuk integrasi teknologi di sektor penerbangan dan pariwisata untuk membawa Indonesia sebagai tujuan utama di panggung dunia," ungkap Sandiaga Uno, dalam keterangan pers Indosat.

Sementara itu, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menekankan berbekal inovasi teknologi termutakhir yang dikembangkan Indosat, Indosat berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan setiap sektor industri. Pihaknya juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Indonesia dalam visi bersama untuk meningkatkan reputasi Indonesia di mata global. Kerja sama strategis ini penting dalam pemanfaatan tekhnologi  untuk mengubah sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia, meningkatkan pengalaman dan mendorong pertumbuhan inklusif.

"Hal ini selaras dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan setiap masyarakat Indonesia," ungkap Vikram Sinha, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/7/2024).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menambahkan pihaknya memiliki misi yang sama dengan Indosat dalam menghadirkan seamless travel experience bagi wisatawan, ia berharap kiranya penjajakan kolaborasi ini akan dapat mendukung transformasi digital industri pariwisata maupun sektor penerbangan termasuk Garuda yang selama lebih dari 7 dekade terus menjalankan mandat sebagai salah satu garda terdepan untuk menjembatani kebutuhan transportasi udara yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Ke depan, tentunya diharapkan akan dapat turut mendorong pertumbuhan dan pengembangan industri penerbangan dan pariwisata di Indonesia," ucap Irfan.

Lebih lanjut, dari sisi operasional, inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi layanan penerbangan melalui pendekatan digitalisasi dalam berbagai touch point operasional penerbangan. Tak hanya itu, untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, penerapan teknologi termutakhir akan terus dikembangkan guna membantu untuk menyediakan perencanaan perjalanan yang semakin seamless bagi penumpang.

Kolaborasi antara dua pemimpin industri ini turut mendukung upaya Kemenparekraf dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Dukungan ini mencakup kolaborasi dalam riset dan wawasan untuk mendukung sektor pariwisata dengan penerapan teknologi termutakhir, pengembangan talenta di bidang teknologi, khususnya perempuan, di lima tujuan wisata prioritas.

Dengan kolaborasi ini, Indosat dan Garuda Indonesia didukung Kemenparekraf berkomitmen untuk membawa sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia ke level berikutnya melalui teknologi termutakhir yang dapat memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan industri dan ekonomi nasional.

Editor: Gokli