Jabat Kepala OJK Kepri, Sinar Dananjaya Dituntut Wujudkan OJK Handal dan Kredibel
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 28-06-2024 | 17:40 WIB
Pelantikan-OJK-Kepri1.jpg
Pengukuhan Kepala OJK Kepri Sinar Danandjaya. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Pengukuhan Kepala OJK Provinsi Kepulauan Riau yang baru, Sinar Danandjaya, menggantikan Rony Ukurta Barus, di Ballroom Radison Golf & Convention Centre, Batam, Jumat (28/6/2024).

Acara pengukuhan dipimpin langsung oleh Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Agusman, dan dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau serta Forkopimda, Akademisi dan Pimpinan Industri Jasa Keuangan di wilayah Kepri.

Dalam sambutannya, Agusman memberikan selamat kepada Sinar Danandjaya atas amanah barunya sebagai Kepala OJK Provinsi Kepulauan Riau.

"Saya berharap momentum pengukuhan ini dapat menjadi penyemangat untuk lebih berkiprah dan berkarya nyata dalam mewujudkan OJK yang handal dan kredibel di mata stakeholders," kata Agusman.

Agusman melanjutkan, berharap pelaksanaan tugas OJK ke depan semakin meningkat. Bertambah luasnya kewenangan OJK pasca UU P2SK dan ekspektasi stakeholders yang semakin tinggi terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas OJK, menuntut kesiapan Pimpinan Kantor OJK yang handal dalam memimpin OJK di Daerah.

Lebih lanjut Agusman menyampaikan bahwa perekonomian Provinsi Kepulauan
Riau masih kondusif yang tercermin pada pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau pada Triwulan I/2024 sebesar 5,01 persen (yoy), atau lebih tinggi dibandingkan Triwulan IV/2023 sebesar 4,45 persen (yoy).

Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi memiliki andil yang positif dengan pertumbuhan sebesar 8,22 persen (yoy). Selain itu, Sektor Jasa Keuangan Provinsi Kepulauan Riau terjaga stabil dengan kinerja intermediasi yang kontributif, didukung oleh likuiditas yang memadai.

"Namun demikian hal ini tentu tidak membuat kita semua terlena. Masih besar peluang dan momentum yang bisa kita manfaatkan untuk mendorong
perekonomian. Perlu strategi yang tidak biasa agar hasil yang kita inginkan dapat lebih optimal," ungkap Agusman.

Masih kata Agusman, para pemimpin satuan kerja harus menyadari bahwa berbagai strategi dan kebijakan tersebut tidak akan berjalan sukses tanpa adanya kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Agusman menitipkan pesan kepada seluruh Pemimpin Satuan Kerja di OJK agar selalu bersinergi dengan seluruh stakeholders, demi terwujudnya sektor jasa keuangan yang berdaya saing dan berperan optimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.

"Keberadaan Kantor OJK di daerah memegang peranan yang sangat penting sebagai ujung tombak dalam mengeksekusi berbagai program dan kebijakan strategis OJK," kata Agusman.

Selain itu, Agusman menambhakan, Kantor OJK di daerah juga harus dapat meningkatkan kontribusi sektor
jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan
masyarakat.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Sdr. Rony Ukurta Barus yang sebelumnya telah memimpin Kantor OJK Provinsi Kepulauan Riau dengan sangat baik. Semoga keberhasilan yang telah Saudara raih ini dapat diestafetkan dengan baik kepada Kepala OJK yang baru," pungkas Agusman.

Sementara, Kepala OJK Kepri, Sinar Dananjaya menyampaikan komitmen untuk terus bersinergi dengan pemangku kepentingan di daerah. Komitmen itu untuk menaikan pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas keuangan di Kepri.

Saat ini tingkat literasi keuangan di Kepri sudah baik dan harus dioptimalkan. Ia berencana akan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah dari level strategis sampai tingkat kelurahan atau desa.

"Hal ini yang harus kami tingkatkan, sehingga kedepan pasti perekonomian Kepri lebih baik, terakselerasi dengan lebih cepat," kata Sinar, usai dikukuhkan sebagai Kepala OJK Kepri.

Editor: Yudha