Bupati Bintan Jadi Khatib Idul Adha di Lapangan Hang Tuah Tanjung Uban
Oleh : Harjo
Senin | 17-06-2024 | 09:56 WIB
robi_khatib_idul_adha.jpg
Shalat Idul Adha 1445 H Bintan di lapangan Hang Tuah Tanjung Uban (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Roby Kurniawan yang bertindak sebagai Khatib. Dalam pelaksanaan Shalat Sunnah Idul Adha 1445 Hijryah tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan di Lapangan Hang Tuah Markas Tanjung Uban, Senin (17/6/2024).

Dalam Khutbahnya, dia menceritakan kembali ibadah qurban yang menjadi simbol Hari Raya Idul Adha. Bahwa dalam kisah Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s yang sudah melekat di kepala setiap kaum Muslimin, harus menjadi iktibar (pengajaran) dalam kehidupan.

"Bagaimana di dalamnya tersirat makna pengorban serta ketaatan dalam meraih Ridho Sang Khalik. Sebuah kisah yang sangat kita ingat, menceritakan iman seorang hamba yang hidup dalam ketaatan kepada sang pencipta," terang Roby.

Pengorbanan seorang ayah, dibalut dengan ketaatan seorang anak. Menjadi sebuah pelajaran penting yang harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh Jamaah yang hadir pun kemudian diajak untuk menundukkan kepala sembari bermunajah kepada Dzat Sang Maha Pengabul Doa. Roby memohon pengampunan serta petunjuk demi kemaslahatan masyarakat dan keberkahan Bumi Segantang Lada.

Usai pelaksanaan Shalat Sunnah Idul Adha, Bupati Roby didampingi Wakil Bupati Bintan dan rombongan menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban. Diharapkan seluruh proses penyembelihan hewan qurban di semua tempat bisa berlangsung lancar dan tidak terjandi kendala suatu apa pun.

Editor: Surya