Transaksi Pameran dan Bazaar UMKM Capai Rp 2 Miliar

FESyar Regional Sumatera 2024 Resmi Ditutup, Kepala BI dan Gubernur Kepri Duet dengan Vokalis Band Wali
Oleh : Aldy
Senin | 03-06-2024 | 15:24 WIB
FESyar-2024.jpg
Penutupan FESyar Regional Sumatera 2024. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2024 resmi ditutup oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kepulauan Riau, Suryono, di Harbourbay Batam, Sabtu (1/6/2024) malam.

Acara bergensi dari BI regional Sumatera yang dipusatkan di kota Batam ini, ditutup dengan penampilan Band papan atas yang identik dengan Syariah yakni Band Wali.

Tak ayal, Kehadiran Band Wali tersebut disambut antusias ribuan masyarakat Batam yang memadati kawasan terpadu Harbourbay Batam.

Pada acara penutupan itu, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad pun turut hadir. Tak hanya sekedar hadir sebagai Gubernur dan sebagai Kepala TPID Provinsi Kepri, Gubernur yang gemar bernyanyi ini juga tidak ketinggalan berduet bersama Kepala BI Kepri Suryono bersama Vokalis Band Wali.

"Ayoo pak Gub. Mari kita bernyanyi bersama," ajak Suryono kepada Gubernur Ansar dari atas panggung.

Hal tersebut juga disambut hangat oleh seluruh personel Band papan atas tersebut. Dan membuat acara kian tambah semarak. Penampilan Gubernur dan Kepala BI Kepri yang seolah menyatu dengan Band yang hits dengan lagu Bang Toyib tersebut menambah kemeriahan acara yang dihadiri dari lintas generasi.

Sebelum acara penutupan, beragam kegiatan dan even digelar pada momen FESyar regional Sumatera 2024 ini. Mulai dari Seminar hingga sosialisasi terkait Ekonomi Syariah dengan menghadirkan sejumlah dari berbagai elemen, instansi dan profesi menghiasi seminar yang dipusatkan di Kampus Politeknik Negri Batam.

Termasuk pameran sejumlah UMKM binaan BI regional Sumatera juga turut meramaikan FESyar regional Sumatera 2024 yang dipusatkan di pelataran parkir Harbourbay, Batu Ampar, Kota Batam.
Pameran dan bazaar UMKM ini menghadirkan sedikitnya 112 UMKM syariah, baik kuliner maupun non-kuliner, yang merupakan binaan dari 13 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di berbagai wilayah regional Sumatera, termasuk Kantor Wilayah Bank Indonesia Kepri.

Di antaranya, UMKM yang berpartisipasi berasal dari berbagai daerah di Sumatera, seperti Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Lhokseumawe, Bangka Belitung, Pematangsiantar, dan Sibolga. Mereka menampilkan beragam produk unggulan khas daerah masing-masing.

Kepala BI Perwakilan Kepulauan Riau, Suryono, menyampaikan rangkaian FESyar Regional Sumatera 2024, berjalan dengan lancar dan sukses, serta mendapatkan perhatian dan antusias cukup tinggi dari masyarakat.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri serta Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah sama-sama bersinergi menyukseskan kegiatan tersebut. "Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah mensukseskan FESyar ini. FESyar merupakan upaya dari Bank Indonesia khususnya wilayah Provinsi Kepri dalam mengembangkan ekonomi syariah di Sumatera, sekaligus mewujudkan ekonomi syariah yang inklusif," kata Suryono, disela-sela acara penutupan FESyar di Harbourbay, Sabtu (1/6/2024) malam.

Suryono melanjutkan, selama penyelenggaraan FESyar Regional Sumatera 2024 digelar, tercatat hasil penjualan dalam bazzar UMKM sejak awal pembukaan hingga penutupan mencapai nilai Rp 2 Miliar.

"Alhamdulillah total nilai transaksinya mencapai Rp 2 Miliar untuk Pameran dan Bazaar UMKM ini. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya hingga terlaksananya semua kegiatan. Kami pun berharap dengan adanya FESyar ini bisa mendorong ekonomi syariah di wilayah Provinsi Kepri," tutupnya.

Editor: Gokli