TNI AL Luncurkan 2 Kapal Perang Buatan Anak Bangsa di Galangan Kapal Batam
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-12-2023 | 09:56 WIB
5-12_peluncuran-dua-kal-1_0293498348.jpg
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan jajaran bersama Dirut Citra Shipyard Jovan Liau dan jajaran saat peluncuran KAL Sembulungan dan Hinako di di galangan kapal PT Citra Shipyard, Seilekop, Sagulung, Senin (4/11/2023) siang. (irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - TNI Angkatan Laut meluncurkan dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) buatan anak bangsa di galangan kapal PT Citra Shipyard Batam, Kepaulaun Riau. Dua kapal dengan panjang 28 meter itu dinamai KAL Sembulungan dan Hinako.

Kedua kapal KAL tersebut secara resmi diluncurkan ke Laut untuk pertama kali oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali bersama istri Fera M Ali serta pejabat utama jajaran TNI AL di galangan kapal PT Citra Shipyard, Seilekop, Sagulung, Senin (4/11/2023) siang.

KAL Sembulungan dan Hinako --yang proses pembangunannya sudah 80 persen, rencananya akan ditempatkan untuk memperkuat Lanal Banyuwangi, Lantamal V Surabaya dan Lanal Nias, Lantamal II Padarig.

Direktur Utama Citra Shipyard, Jovan Liau, menyatakan kedua unit kapal milik TNI AL ini akan diserahterimakan di Januari 2024 mendatang. Setelah diluncurkan ke laut, dua kapal ini harus melalui proses pengerjaan akhir dan uji coba.

"Ini murni hasil karya anak bangsa. Semoga berguna bagi jajaran TNI AL untuk menjaga kedaulatan NKRI," ujar Jovan.

Peluncuran KAL Sembulungan dan Hinako di di galangan kapal PT Citra Shipyard, Seilekop, Sagulung, Senin (4/11/2023) siang. (Irwan/BTD)

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangan persnya menjelaskan, dua kapal ini merupakan Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 meter sebagai bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI AL. Salah satunya perencanaan strategis yang siap menjaga keamanan dan melaksanakan penegakkan hukum di laut.

"Nama Sembulungan diambil dari nama pantai yang ada di Banyuwangi dan nama Hinako merupakan salah satu pulau yang ada di Nias," ujar Muhammad Ali.

Pengadaan dua unit kapal ini dilatarbelakangi dengan luasnya wilayah perairan Indonesia, sehingga perlu untuk diperkuat unsur KRI dijajaran TNI AL, di mana saat ini sudah diperkuat kapal jenis angkut tank, bantu rumah sakit, harbour tug, sehingga dibutuhkan adanya kapal patroli cepat.

"Armada kita memang sudah banyak tapi belum ideal. Ini akan terus dilengkapi dan untuk dua unit kapal baru ini nantinya akan ditempatkan untuk memperkuat Lanal Banyuwangi, Lantamal V Surabaya dan Lanal Nias, Lantamal II Padarig," katanya.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan jajaran bersama Dirut Citra Shipyard Jovan Liau dan jajaran saat peluncuran KAL Sembulungan dan Hinako di di galangan kapal PT Citra Shipyard, Seilekop, Sagulung, Senin (4/11/2023) siang. (Irwan/BTD)

Kapal Angkatan Laut 28 meter atau yang lebih dikenal dengan sebutan KAL 28 M merupakan salah satu jenis kapal perang karya anak bangsa bangsa yang dibangun di galangan PT Citra Shipyar, dengan masa pembangunan selama 16 bulan terhitung ditandatanginya kontrak tanggal 27 September 2022.

Awal dimulainya tahapan pembangunan ditandai dengan kegiatan ceremonial first steel cutting dan keel laying pada 29 November 2022 di workshop PT Citra Shipyard.

Kapal ini memiliki spesifikasi teknis yaitu panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, draft 1,40 meter, kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 18 knots, kecepatan ekonomis 13,5 knots, endurance 3-4 Hari, mampu membawa 15 personel dan menggunakan mesin pokok 2 unit MAN V12-1900 marine engine diesel dan diesel generator 2x Perkins 63 KVA.

Editor: Gokli