Sambut HUT RI ke-78, Rutan Batam Gelar Pesta Rakyat Semarak Indonesia
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-08-2023 | 17:08 WIB
HUT-RI-Rutan1.jpg
Rutan Batam Gelar Pesta Rakyat Semarak Indonesia menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut HUT RI ke-78, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batam mempersembahkan pesta rakyat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (14/8/2023).

Rangkaian acara perlombaan menarik dinikmati oleh pegawai bersama dengan warga binaan. Berbagai lomba permainan khas tradisional Kemerdekaan, diantara joget balon, balap karung, makan kerupuk dan lainnya. Karutan Batam Faisal Gerhani Putra, mengatakan pesta rakyat ini dikemas untuk mempereratkan hubungan petugas dengan warga binaan. Menurutnya warga binaan merupakan rakyat Indonesia sehingga pihaknya mengajak merekauntuk menyambut momen bersejarah Tanah air tercinta.

"Kita bersama menyambut hari Kemerdekaan sekaligus 19 Agustus Kemenkumham. Jadi momen ini kita ambil, kita adakan agar hubungan warga binaan dan petugas lebih erat," ujar Faisal.

Dengan adanya pesta rakyat di harapan hubungan petugas dengan warga binaan lebih kompak dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan.

Selain pesta rakyat pihaknya juga meresmikan panggung hiburan, tempat fasilitas pembinan yang dibantu oleh Panbil. "Pembinaan bukan subjek warga binaan, pegawai berperan bagaimana pembinaan berjalan dengan baik," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri SaffarMuhammad Godam berharap kegiatan tersebut dapat ditingkatkan sehingga pembinaan yang diberikan kepada warga binaan dapat optimal.
"Kegiatan humanis seperti ini dapat selalu ditingkatkan antarapetugas dan warga binaan," ujarnya.

Editor: Yudha