Persiapan HUT RI ke-78, Dataran Engku Putri Ditutup Sementara untuk Umum
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 12-08-2023 | 17:08 WIB
888_engku-putri_0987654.jpg
Pengumuman penutupan sementara alun-alun Engku Putri Batam Center. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka persiapan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Dataran Engku Putri Batam Center ditutup sementara untuk umum.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasikan (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan, penutupan alun-alun Pemko Batam tersebut dimulai dari 10-20 Agustus 2023 karena kegiatan peringatan 17 Agustus Kota Batam akan dipusatkan di Dataran Engku Putri.

Atas nama Pemerintah kota Batam, ia juga memohon maaf kepada masyarakat Batam yang selama ini memanfaatkan keberadaan Dataran Engku Putri dalam berkegiatan seperti olahraga bersantai dan lainya, termasuk kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Bagi warga Batam yang selama ini berolahraga di alun-alun dimohon untuk mencari lokasi alternatif, karena penutupan alun- alun untuk kegiatan masyarakat selama 10 hari ke depan.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Penutupan Dataran Engku Putri ini, guna mendukung kelancaran acara dalam memperingati HUT RI 17 Agustus ini," kata Rudi Panjaitan, Sabtu (12/8/2023).

Lanjut Rudi, saat ini pemusatan latihan anggota Paskibra masih berlangsung. Sebanyak 60 anggota Paskibra sudah didampingi mentor dari TNI/Polri untuk memaksimalkan performa anggota Paskibra.

"Hari H tinggal kurang lebih satu pekan lagi. Jadi sudah masuk tahap mematangkan latihan. Sehingga nanti saat tampil tidak terjadi kesalahan," sebutnya.

Rudi menambahkan, anggota Paskibra tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Pasukan pengiring bendera untuk pagi hari dan saat penurunan bendera di sore hari berbeda. Pasukan dibagi menjadi dua kelompok.

"Pasukan pagi berbeda dengan sore. Makanya latihan ini harus lebih ketat lagi, sebab jumlahnya lebih banyak. Pemusatan latihan juga berjalan ketat, demi menyukseskan peringatan HUT RI ke 78 tingkat Kota Batam," beber Rudi.

Editor: Yudha