Golden Visa Diharapkan Tingkatkan Investasi dan Kemajuan Pariwisata Batam
Oleh : Aldy
Rabu | 09-08-2023 | 12:20 WIB
Golden-Visa.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebijakan Pemerintah Pusat memberikan Golden Visa terhadap terhadap investor asing diharapkan bisa mendorong peningkatan investasi dan berdampak pada kemajuan pariwisata di Kota Batam.

Salah satu kelebihan dari Golden Visa tersebut yakni memberikan izin tinggal WNA dalam kurun waktu 5-10 tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan Golden Visa ini hadir memang untuk mendorong investasi dan pariwisata. Dengan jangka waktu dari 5 hingga 10 tahun, Golden Visa milik Indonesia diharapkan dapat menarik wisatawan yang berkualitas.

Karena disebutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, akan ada persyaratan dari segi investasi, seperti kemampuan, prestasi atau capaian dalam riset, teknologi, dan bisnis yang akan dimulai di Indonesia.

"Batam itu kan memang dipersiapkan untuk investasi dan pariwisata. Jadi implementasi Golden Visa untuk WNA ini diharapkan berdampak di Batam untuk pengembangan investasi dan sektor pariwisata," ungkap Ardiwinata, Rabu (9/8/2023).

Dijelaskan Ardi, apapun kebijakan dari Pemerintah Pusat, pasti berdampak bagi daerah. Jadi Dinas Pariwisata Batam sudah mendukung kebijakan ini. Karena Batam dengan jumlah kunjungan mencapai 2 juta orang, pastinya ada investor di antara wisatawan tersebut.

Investasi menjadi salah satu harapan dalam membangun Batam. Selama ini pembangunan sudah dilaksanakan untuk mendukung penempatan investasi.

Untuk pariwisata tentunya diharapkan ada investasi yang mendorong lahirnya destinasi wisata baru di Kota Batam. "Pariwisata merupakan salah satu penyumbang bagi PAD, sebesar 24 persen berasal dari sektor pariwisata," sebutnya.

Terpisah, Humas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Batam, Ritus, mengatakan Golden Visa baru ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Hingga kini pihaknya juga masih menunggu teknis dari pusat untuk di daerah.

Ia menjelaskan regulasi terkait Golden Visa ini merupakan kewenangan pusat, termasuk juga penyusunan syarat, ketentuan, dan lainnya. "Kami juga menunggu teknisnya seperti apa. Karena ini masih sangat baru sekali kebijakannya," sebutnya.

Editor: Gokli