Hari Ini, Imigrasi Batam Buka Layanan Pembuatan 'Paspor Merdeka'
Oleh : Aldy
Sabtu | 05-08-2023 | 11:48 WIB
rekam-paspor.jpg
Petugas Imigrasi Batam Center saat melayani pemohon pembuatan 'Paspor Merdeka', Sabtu (5/8/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia, membuka layanan pembuatan 'Paspor Merdeka' di akhir pekan awal bulan Agustus 2023.

Layanan spesial ini untuk menyambut HUT RI ke-78. Di mana, Kementerian Hukum dan Ham menggelar program Gebyar Paspor Merdeka.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Subki Miuldi, menjelaskan layanan pembuatan 'Paspor Merdeka', khusus hari ini, Sabtu (5/8/2023) di buka di Imigrasi Batam Center, Harbour Bay dan Belakang Padang. Masing-masing membuka kuota 70 permohonan melalui M-Paspor.

"Kalau di Batam dan Kepri, digelar khusus hari ini saja. Tetapi di Jakarta selama 2 hari. Ini program dari Kementerian Hukum dan Ham," jelas Subki, saat ditemui di kantornya.

Dijelaskannya, 70 kuota permohonan 'Paspor Merdeka' itu terdiri dari 50 kuota pembuatan paspor biasa dan 20 kuota percepatan paspor. "Untuk pemohon paspor yang memiliki usia 60 tahun ke atas akan digolongkan sebagai prioritas khusus lansia," ujar dia.

Ia mengatakan, untuk hari ini ada 5 pemohon paspor yang beruntung mendapatkan pembiayaan pengurusan paspor. "Kami dibantu salah satu sponsor untuk program ini," kata Subki.

Subki menambhakan, Imigrasi se-Indonesia melakukan pelayanan 'Paspor Merdeka' serentak, dalam rangka pemecahan rekor MURI pemuatan paspor terbanyak di hari libur. "Mungkin siang ini sudah ada dari perwakilan MURI yang datang meninjau," pungkasnya.

Editor: Gokli