Baznas Batam Gandeng UPZ Masjid Istiqomah Sei Panas Gelar Khitanan Massal Gratis
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 05-07-2023 | 09:56 WIB
SUNAT-MASSAL-ISTIQOMAH.JPG
Para mahasiswa Institut Keperawatan Mitra Bunda Batam berfoto dengan anak-anak yang baru saja dikhitan. (Foto: Tasikun/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Batam menggandeng Klinik Rumah Sehat Baznas (RSB) Kota Batam menggelar khitanan massal gratis di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam, Selasa (4/7/2023). Sebanyak 21 orang anak dari warga Perumahan Nusa Jaya dan Pondok Asri Sei Panas Batam serta dari kecamatan lain mengikuti program sosial ini.

Khitanan massal gratis yang dilaksanakan di dua ruang TPQ (Taman Pendidikan al Quran) Masjid Istiqomah itu juga merupakan program kerjasama Baznas Kota Batam dengan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Masjid Istiqomah Sei Panas Batam.

"Ini merupakan satu kehormatan bagi kami, karena ini untuk kali pertama UPZ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam dipercaya untuk melaksanakan kegiatan khitanan massal gratis," ujar Ketua UPZ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam, Ustadz Mudzakir saat menyampaikan sambutannya.

Hadir dalam kegiatan khitanan massal gratis ini Lurah Sungai Panas Raja Samsul Bahari dan Wakil Ketua II Baznas Kota Batam Habib Soleh, M.Pd.I. Ketua TPQ Masjid Istiqomah Ustadz Supriyadi, Bendahara DKM Masjid Istiqomah Edy Darmansyah dan orang tua anak-anak yang dikhitan. Serta, panitia khitanan dari Masjid Istiqomah, Tasikun Wiyomanto, Anis dan panitia lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Baznas Kota Batam Habib Soleh, M.Pd.I mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang tinggi kepada para donatur yang telah menyalurkan infak dan zakatnya ke Baznas Kota Batam. Juga, melalui UPZ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam ini. Sehingga, dengan dana yang terkumpul dari para donatur itulah, maka kegiatan sosial berupa sunatan massal gratis ini pun dapat kita laksanakan pagi ini.

Sementara itu, Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Istiqomah Sei Panas Batam, Saparin juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Baznas Kota Batam atas kepercayaannya yang telah menggandeng UPZ Masjid Istiqomah melaksanakan program khitanan massal gratis ini.

"Semoga program ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam dan semoga anak-anak yang dikhitan pagi ini cepat sembuh. Aamiin yaa robbal'aalamin," ujar Saparin, Selasa (4/7/2023).

Lalu, Bendahara DKM Masjid Istiqomah Edy Darmansyah kepada J5NEWSROOM.COM mengatakan, untuk memberikan hiburan dan kebahagiaan kepada semua anak yang mengikuti program khitanan massal gratis, pihak UPZ Masjid Istiqomah pun memberikan hadiah bingkisan dan uang saku.

"Tidak hanya dari kami saya yang memberikan kado dan uang saku, Baznas Kota Batam juga memberikan kado dan uang saku buat anak-anak yang dikhitan," ungkap Edy Darmansyah.

Kegiatan khitanan massal gratis tersebut juga menjadi ajang pengabdian masyarakat para mahasiswa Institut Keperawatan Mitra Bunda Batam. Sehingga, program yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 11.00 WIB ini pun semakin semarak dan meriah.

Editor: Dardani