Kepala LLDIKTI XVII Hadiri Grand Opening Kampus Indobaru Nasional di Batam
Oleh : Paskalis RH
Jum\'at | 26-07-2024 | 15:44 WIB
IIBN.jpg
Kepala LLDIKTI Wilayah XVII, Dr Nopriadi, (berpeci) saat menerima plakat penghargaan dari Ketua Dewan Kehormatan dan Pendiri Kampus IIBN, Dato' Sri Wiliarto Kuosastra SSAP, Jumat (26/7/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional (IIBN) sukses menggelar acara Grand Opening atas gedung baru kampusnya yang terletak di Komplek Mitra Mas Blok C nomor 11-18, Jalan Dang Merdu, Kota Batam, Jumat (26/7/2024).

Grand Opening ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVII, Dr Nopriadi; Ketua Pengurus Yayasan yang menaungi Kampus IIBN, Liem Chandra Adithya Dharma dan Ketua Kehormatan Dewan Pembina dan Pendiri, Dato' Sri Wiliarto Kuosastra SSAP.

Selain itu, acara grand opening itu juga dihadiri para rektor dan pimpinan perguruan tinggi di Kota Batam. Kehadiran mereka ingin memperlihatkan dukungan terhadap perkembangan pendidikan di wilayah ini.

Selain dihadiri para akademisi, tampak hadir juga para perwakilan beberapa perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan pihak kampus dalam mensukseskan program Kampus Merdeka. Kehadiran pihak perusahaan merupakan bentuk sinergitas antara dunia akademis dan industri. Adapun perwakilan dari perusahaan yang hadir, diantaranya Perusahaan-perusahaan yang berada dibawah Kuopacific Group, Intitrans Group dan Indobaru Group.

Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional, Dr Jontro Simanjuntak, mengatakan acara Grand Opening gedung baru merupakan wujud nyata dari komitmen kampus untuk semakin berkontribusi terhadap pendidikan di Kota Batam. "Hari ini Kami menggelar Grand Opening dan peresmian Gedung kampus IIBN agar kampus semakin dikenal masyarakat, dan yang terpenting adalah komitmen kami mempersiapkan sumber daya manusia di Kepulauan Riau dalam menghadapi tantangan perkembangan di masa depan," kata Dr Jontro Simanjuntak.

Dr Jontro juga menambahkan bahwa kampus IIBN menawarkan tiga program studi yang sangat relevan dengan kebutuhan industri saat ini, yaitu Sistem Informasi, Bisnis Digital, dan Kewirausahaan.

Ketiga program studi ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja modern dan dinamis.

Di tempat yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah XVII, Dr Nopriadi, yang baru saja dilantik pada Senin (22/7/2024) lalu mengucapkan selamat kepada Kampus Indobaru Nasional atas pencapaian ini.

Nopriadi menegaskan bahwa kampus ini menunjukkan komitmen kuat untuk memajukan pendidikan di Kota Batam dan Kepulauan Riau. "Program studi yang dimiliki IIBN adalah program studi kekinian, saya sangat mendukung, bahkan anak saya yang pertama juga masuk di program studi Bisnis Digital," kata Nopriadi.

Dr Nopriadi pun berharap kampus IIBN segera menambah program studi untuk dapat menjadi Universitas Indobaru Nasional. "Saya yakin sekali IIBN ini punya visi ke depan yang sudah dirancang dengan baik, untuk menjadi Universitas dengan menambah beberapa program studi lagi, menjadi Universitas Indobaru Nasional," tambahnya.

Puncak acara Grand Opening ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian kampus dan gedung baru Kampus Indobaru Nasional oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XVII. Dalam momen ini juga secara simbolis diberikan beasiswa S3 bagi dosen IIBN untuk melanjutkan studi di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Fasilitasi Kampus

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara acara mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir memberikan dukungan bagi Kampus Indobaru Nasional.

Ia menambahkan dengan fasilitas teknologi yang modern dan kurikulum yang terus berkembang, Kampus Indobaru Nasional siap menjadi pusat unggulan pendidikan dan inovasi di Batam, mendukung kemajuan pendidikan dan ekonomi di Kepulauan Riau. "Lab komputer kami sudah berbasis MacOS, dalam waktu dekat kami juga akan membangun Lab Jaringan Komputer Cisco dan Internet of Things. Kemudian juga laboratorium bisnis digital dan kewirausahaan untuk mendukung ide-ide kreatif dalam bisnis modern saat ini," tambahnya.

Program Beasiswa

Manager Marketing Kampus Indobaru Nasional, Anita, menambahkan dalam rangka Grand Opening, Kampus juga menawarkan berbagai program beasiswa. "Masyarakat Kota Batam tidak usah khawatir dengan biaya kuliah, berdasarkan riset yang kami lakukan, kami yakin biaya kuliah di kampus Indobaru Nasional sangat terjangkau. Bahkan kami menyediakan beasiswa yang akan sangat membantu mahasiswa dalam menempuh Pendidikan di IIBN," ungkap Anita.

Anita mengelaborasi bahwa terkait beasiswa akademik terdapat beasiswa untuk siswa-siswi berprestasi hingga potongan biaya kuliah 50%, sedangkan beasiswa non-akademik ditawarkan untuk siswa-siswi yang berprestasi di bidang olah raga, juga untuk pengurus OSIS di sekolah mendapat potongan harga yang cukup besar.

"Tentu masih banyak lagi skema beasiswa yang kami tawarkan, jangan lewatkan kesempatan di momentum grand opening dan peresmian Gedung kampus ini," pungkas Anita.

Editor: Gokli