Pemko Batam Ajak Masyarakat Meriahkan Lomba Mobil Hias Pawai Takbir Idul Adha 2023
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 27-06-2023 | 18:12 WIB
rudi-P1.jpg
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengajak masyarakat Kota Batam menghadiri Pawai Takbir Idul Adha 1444 Hijriahdi Dataran Engku Hamidah, Rabu (28/6/2023).

Pelaksaan Pawai Takbir ini akan disemarakkan dengan lomba mobil hias. Sampai saat ini melalui Bagian Kesra Setdako Batam sudah 25 mobil hias yang mendaftar untuk mengikuti lomba.

"Pawai Takbir akan dimulai pukul 19.30 WIB, dan akan dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Mari seluruh masyarakat Kota Batam, kita berkumpul bersama-sama merayakan Idul Adha dengan menyaksikan pawai takbir keliling di Dataran Engku Hamidah," ajak Rudi saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (27/6/2023).

Rute yang dilalui menurutnya masih sama dengan rute pada pelaksanaan pawai takbir Idul Fitri lalu, start dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi. Untuk lomba mobil hias Pemerintah Kota Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang.

Dengan beberapa kriteria lomba, pertama menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter. Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang.

Keempat, peserta dapat menampilkan logo dan slogan. Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan dan lain-lain).

Dengan kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

"Selain pawai takbir, Pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah. Tentunya akan menambah semarak perayaan Idul Adha di Kota Batam," ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Kamis (29/06/2023) dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai. Tempat Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam, ditetapkan tiga lokasi, Dataran Engku Putri Batam Centre, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

Untuk imam pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri akan dipimpin oleh H. Muslim Ahmad, Khatib Bambang Maryono Ketua MUI Provinsi Kepri dan Bilal Soni Paizal Sibandri. Di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah selaku Imam, Ustadz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai dan Bilal, Mirwan Priadi. Di Masjid Baiturrahman Imam dipimpin Ustadz Ahmad Faisal, Bilal adalah Rudi Maulana dan Khatib Ustadz Muhammad Juni Bedu.

Editor: Yudha