Disdukcapil Bintan Jemput Bola Pengurusan Adminduk Hingga ke Pulau Terluar
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 01-06-2023 | 18:21 WIB
IMG-20230601-WA0022.jpg
Pengurusan Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan atas arahan Bupati Bintan Roby Kurniawan terus gencar melakukan peningkatan inovasi pelayanan khususnya di bidang administrasi kependudukan (adminduk).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Bintan, Rusli saat ditanyai perihal aktifitas Disdukcapil yang belakangan ini kerap turun ke lapangan hingga pulau-pulau.

"Kami sebut STV, serving the villager. Jadi kita yang jemput bola ke sana. Ke Kelong, Air Glubi, terakhir beberapa hari lalu di Tambelan," jelas Rusli.

Hingga saat ini tercatat 1.558 orang yang telah terbantu dalam kepengurusan adminduk. Mulai dari perekaman KTP Elektronik, KK, KIA, Pindah dan Datang hingga Akte-akte Catatan Sipil.

Rusli menyebutkan itu semua merupakan wujud dari komitmen Kepala Daerah yang ingin segala pelayanan adminduk bagi masyarakat bisa berjalan tanpa ada hambatan atau bahkan jeda waktu yang berkepanjangan.

"Sudah diamanahkan ke kami. Jadi jangan sampai ada yang berhari-hari apalagi berminggu-minggu. Bahkan bayi yang baru lahir pun dalam seminggu harus sudah tercatat akte kelahirannya," tegas Rusli.

Disdukcapil Bintan juga melakukan sistem jemput bola kepada siswa SLTQ sederajat. Mereka yang akan turun ke setiap sekolah-sekolah dan melakukan perekaman KTP Elektronik bagi yang sudah memenuhi kriteria usia untuk memiliki tanda pengenal.

Editor: Yudha