Emak-emak Berlumur Tepung Warnai Perayaan HUT RI ke-77 di Botania Garden
Oleh : Aldy
Kamis | 18-08-2022 | 10:36 WIB
main-tepung.jpg
Emak-emak Botania Garden saat melakukan perlombaan menuang tepung, Rabu (17/8/2022) sore. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat Indonesia di seluruh pelosok negeri bersukacita saat merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus 2022. Berbagai kegiatan dilakukan sebagai wujud kegembiraan mengisi kemerdekaan.

Tahun ini, Hari Kemerdekaan dirayakan dengan cukup meriah di berbagai tempat. Sebab, dua tahun sebelumnya euforia 17-an terhalang akibat adanya pandemi Covid-19.

Nah, sekarang hampir semua kalangan ambil bagian dalam perayaan Hari Kemerdekaan, tak hanya anak-anak, emak-emak dan kaum bapak-bapak pun ikut terlibat. Seperti yang terjadi di Komplek Botania Garden, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, kehebohan para emak-emak dalam perayaan HUT RI ke-77 juga tidak kalah lucunya di banding dengan daerah lainnya.

Diawali dengan lomba yang dimeriahkan oleh anak-anak seperti, balap karung, makan kerupuk, memasukkan jarum ke dalam botol, dan masih banyak permainan tradisional lainnya. Sedangkan kaum ibu-ibu dan bapak-bapak juga tidak kalah hebohnya dalam moment sekali setahun ini, mereka juga ambil bagian dalam perlombaan, sperti lomba, joged berebut kursi, lomba balap karung, dan tak kalah hebohnya ialah lomba menuang tepung.

"Bagi emak-emak yang heboh itu balap karung sama menuangkan tepung ke kawan, hasilnya banyak ibu-ibu bermandikan tepung, yang jelas perayaan tahun ini kami sangat happy, bersama anak-anak di sini," ujar Teteh, salah satu ibu rumah tangga di Botania Garden, Rabu (17/8/2022) sore.

Senada, Ketua Majlis Ta'lim Asshafat Botania, Sitti Darmawati, juga menuturkan hal yang sama, kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan, biasanya hanya identik dengan keceriaan perlombaan anak-anak. Namun, saat ini sepertinya kaum ibu-ibu dan bapak-bapak juga tidak mau ketinggalan.

"Pada dasarnya kami sangat senang perayaan tahun ini, keakraban sesama warga terlihat pada hari ini, kalau hari biasa kan semua punya kesibukan masing-masing. Nah, hari ini, sekaligus ajang silaturahmi dengan warga," ujar Sitti.

Sementara itu, Sugiono, Ketua RT03/RW29 Kelurahan Belian, menuturkan, dengan dilonggarkannya aturan protokol kesehatan terkait Covid-19, dirinya beserta warga secara gotong royong, untuk bisa melaksanakan perayaan HUT RI ke-77.

"Perayaan ini terselenggara berkat kerja sama semua warga, dan kesemua pendanaan untuk mendukung acara ini murni dari swadaya masyarakat. Intinya kita tetap memaknai Hari Kemerdekaan dengan rasa suka cita, Insyaallah pada Sabtu (20/8/2022) malam nanti kita akan adakan malam pembagian hadiah bagi pemenang lomba," ujar Sugiono.

Editor: Gokli