Meriahkan HUT RI ke-77, SDN 002 Sagulung Gelar Beragam Perlombaan
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 13-08-2022 | 11:04 WIB
balap-karung.jpg
Balapan karung, salah satu perlombaan yang dilakukan SDN 002 Sagulung, Kota Batam memeriahkan HUT RI ke-77, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, SD Negeri 002 Sagulung, Kota Batam menggelar berbagai macam perlombaan.

Adapun berbagai lomba khas 17-an untuk menyemarakan peringatan Hari Kemerdekaan itu dilaksanakan di Halaman SD Negeri 002, Sabtu (13/8/2022). "Hari ini kita mengadakan berbagai perlombaan untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77. Perlombaan ini diikuti seluruh siswa SDN 002 Sagulung," kata Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 002 Sagulung, Gusmawati saat ditemui di sela-sela kegiatan perlombaan.

Beragam perlombaan itu, kata Gusmawati, di antaranya lomba menyanyi lagu Hari Kemerdekaan, baca puisi, balapan karung, memindahkan karet dengan sedotan, tarik tambang dan masih banyak perlombaan lainnya.

Menurut Gusmawati, tujuan lomba yang dipusatkan di halaman sekolah dan diikuti pelajar kelas I sampai VI itu, sebagai salah satu upaya untuk mengenang jasa para pejuang (Pahlawan) yang sudah membela Tanah Air ini dari para penjajah.

"Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, melalui perlombaan ini juga diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa patriotisme anak didik," jelas perempuan berhijab ini.

Kegiatan perlombaan ini, kata dia, merupakan agenda rutin di SDN 002 Sagulung yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Ini merupakan salah satu momen untuk mengajarkan kepada peserta didik akan pentingnya makna persatuan dan kesatuan, kekompakan atau kebersamaan serta kesabaran dalam mencapai sebuah tujuan.

"Melalui lomba ini juga, kita ingin menanamkan pada mereka (anak-anak usia dini) bahwa untuk mencapai sesuatu itu perlu perjuangan," tambah Gusmawati.

Masih kata Gusmawati, nantinya para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah dari pihak sekolah yang akan diberikan saat puncak acara 17 Agustus mendatang, sekaligus upacara bendera.

Dengan adanya perlombaan tersebut, Gusmawati berharap, bisa menumbuh kembangkan karakter siswanya tentang cinta Tanah Air dan bangsa serta rasa nasionalisme dan menghargai jasa pejuang yang telah gugur memerdekakan Bangsa Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini anak-anak didik bisa meresapi nilai-nilai luhur dari para pahlawan yang rela gugur demi kemerdekaan NKRI," pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah siswa-siswi yang menjadi peserta lomba mengaku senang dan antusias mengikuti perlombaan-perlombaan itu.

Para pelajar tersebut tetap terlihat sangat ceriah meskipun harus jatuh bangun dan pakaiannya mereka menjadi kotor karenanya. Seperti para siswa-siswi yang menggikuti lomba balapan karung dan lomba tarik tambang.

"Senang sekali. Seru sekali," ujar sejumlah siswa-siswi ketika diminta komentarnya atas diselenggarakannya berbagai lomba tersebut.

Editor: Gokli