Gubernur Ansar Serahkan Insentif Ketua RT dan RW di Batam Rp 1,2 Juta
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 21-06-2022 | 20:06 WIB
ansar-rtrw1.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan insentif kepada Ketua RT/RW, Posyandu dan uang transportasi siswa di Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad memberikan bantuan kepada RT, RW, Posyandu, dan transportasi siswa di Batam, pada Selasa (21/6/2022),

Bantuan berupa uang insentif kepada ketua RT dan RW, Posyandu dan siswa tersebut, diserahkan oleh Gubernur Ansar Ahmad secara simbolis di Aula SMK Negeri 1 Batu Aji.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut menuturkan, bantuan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Kepri atas kinerja kerja RT, RW dan Kader Posyandu yang telah melayani masyarakat dengan baik.

Bantuan ini juga menjadi pengganti sepeda motor yang dijanjikan saat kampanye sebelumnya. Bantuan Sepeda motor untuk RT/RW tidak bisa diwujudkan karena keterbatasan anggaran dan juga mekanisme yang belum mengizinkan.

"Semoga ini bisa membantu agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik lagi kedepannya," ujar Ansar dalam kata sambutannya.

Untuk perangkat RT/RW bantuan yang diberikan sebesar Rp 1,2 juta per orang. Bantuan ini akan rampung disalurkan melalui rekening dalam jangka waktu satu minggu ke depan. Sementara untuk posyandu bantuan yang diberikan sebesar Rp 5 juta per posyandu.

"Semua adalah APBD Kepri yang telah disetujui oleh DPRD Kepri sebagai sambung rasa antar pemerintah dengan masyarakat," ujar Ansar.

Selain itu, Pemprov juga menyerahkan bantuan untuk tranportasi untuk anak-anak sekolah di Hinterland sebesar Rp 1,37 miliar. Bantuan ini diserahkan melalui masing-masing sekolah.

Dari pantauan di lapangan, perangkat RT, RW dan kader Posyandu di Kecamatan Sagulung dan Batuaji antusias menghadiri seremonial penyerahan uang insentif dari Pemerintah Provinsi Kepri. Mereka bersyukur sebab bantuan tersebut di luar dari insentif rutin perbulan yang diterima dari Pemko Batam.

"Alhamdulillah akhirnya, perjuangan dan kerja keras kami melayani masyarakat dihargai. Kami sangat menghargai bantuan dari Pemprov ini," ujar Umar, seorang perangkat RT di Kecamatan Batuaji, Kemarin.

Diakui perangkat RT/RW selama ini memang mereka rutin mendapatkan insentif dari Pemko Batam sebesar Rp 500 ribu perbulan. Namun mereka lebih bersyukur lagi jika Pemprov juga mengapresiasi kinerja kerja mereka melalui bantuan uang sebesar Rp 1.200.000 tersebut.

"Sangat bersyukur karena selama ini belum pernah dapat dari Pemprov. Semoga kedepannya tetap ada perhatian seperti ini karena janji kampanye pak Ansar (Gubernur Kepri) sebelumnya katanya mau kasih RT/RW sepeda motor. Walau sepeda motor belum juga terealisasi sampai saat ini tapi kita tetap berterimakasih atas bantuan uang ini," ujar Syahrul, perangkat lainnya.

Editor: Yudha