Dandim Batam Berharap Upacara 17 Hari Bulan Tingkatkan Sinergitas Lintas Instansi
Oleh : Aldy
Jumat | 17-06-2022 | 10:45 WIB
dandim-btm.jpg
Para pimpinan FKPD Batam usai mengikuti Upacara 17 Hari Bulan di Makodim 0316/Batam, Jumat (17/6/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Upacara bendera 17 hari bulan tingkat Kota Batam digelar di Makodim 0316/Batam. Upacara ini dihadiri hampir seluruh unsur Forkopimda Kota Batam, dengan komandan upacara Kapten Inf Hendrik Chaniago, Jumat (17/6/2022).

Dandim 0316/Batam Letkol Kav Sigit Darma Wiryawan, yang bertindak sebagai inpektur upacara, mengatakan acara rutin setiap tanggal 17 seperti ini dikemas dalam kegiatan upacara, dengan tujuan menjalin sinergitas seluruh Forkopimda.

"Ini rutin kita lakukan, pertama kita laksanakan bersama di Pemko Batam, lalu di Polresta Barelang. Nah, pada tanggal 17 bulan ini kita yang menjadi tuan rumah," kata Letkol Sigit Darma Wiryawan, usai memimpin upacara di Makodim Batam, Jumat (17/6/2022).

Dandim menjelaskan, dalam setiap upacara 17 hari bulan, seluruh Forkopimda, dan lintas instansi selalu hadir. Selain menjadi ajang silaturahmi, upacara seperti ini juga bisa memupuk kekompakan, demi kemajuan Batam.

"Masalah jadwal nanti Pemko Batam yang menentukan, tetapi saat kita ngobrol santai seperti tadi selesai upacara, kita bisa rembuk, bulan depan di mana nih," kata Dandim.

Lanjutnya, pada saat pandemi Covid-19 melanda, para Forkopimda Batam dan instansi terkait selalu melakukan pertemuan rutin, kemudian pada saat pandemi melandai, dengan adanya acara rutin setiap bulan, keharmonisan antar instansi tetap terjalin.

"Kalau begini kan, para anggota lintas satuan, instansi bisa saling kenal satu sama lain, bisa tambah akrab, jangan sampai kita semua ini mendapatkan nilai kurang baik di masyarakat," tutur Dandim.

Ia menambahkan, dengan saling kenal dan sinergitas antar Forkopimda dan lintas instansi hingga ke level bawah, diharapkan tidak ada lagi gesekan gesekan antar aparat pemerintah dan keamanan. "Kalau kita tidak harmonis, kita malu pada masyarakat Batam, untuk itu mari kita bergandengan tangan, demi kemajuan dan kenyamanan Kota Batam," ucapnya.

Dengan terjalinnya hubungan baik dan harmonis, diharapkan ekonomi Batam bisa lebih tumbuh dan bangkit pasca dilanda pandemi Covid-19. "Kasus Covid-19 kita sudah melandai, ini saatnya kita bersama-sama memajukan Batam," tutup Dandim Batam.

Hadir dalam upacara itu Sekda Batam Jefridin, Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri, Danlanud Batam Letkol Pnb Iwan Setiawan, Kajari Batam Herlina Setyorini dan lainnya.

Editor: Gokli