Jadi JCH Termuda Asal Kepri, Rahmah Mengaku Terharu dan Bahagia
Oleh : Aldy
Selasa | 14-06-2022 | 13:16 WIB
JCH-BTM-19-THN.jpg
A Rahmah Asyifa, JCH Batam termuda yang berangkat ke tanah suci tahun 2022, saat pelepasan di Masjid Agung Batam Center, Selasa (14/6/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jamaah calon haji (JCH) termuda asal Kota Batam, Provinsi Kepri, A Rahmah Asyifa, merasakan bahagia campur haru, setelah mendapatkan kesempatan untuk melakukan rukun islam yang ke-5 yaitu haji.

Hal ini diungkapkannya saat acara pelepasan JCH Provinsi Kepri di Masjid Agung Batam Center, Selasa (14/6/2022) yang dilakukan oleh Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Batam, Zulkarnain.

Sambil meneteskan air mata, A Rahmah Asyifa, menceritakan rasa haru dan bahagia yang dia rasakan, terlebih keberangkatan haji buat dia tahun ini semata-mata menggantikan orang tuanya yang meninggal tiga bulan lalu.

A Rahmah Asyifa mengatakan, saat ini umurnya 19 tahun, pada September nanti baru memasuki umur 20 tahun. Kuota keberangkatan yang dia dapatkan adalah mengganti kuota orang tuanya yang mendaftar haji beberapa tahun lalu.

"Saya bukan daftar haji, akan tetapi saya mengganti porsi bapak saya yang meninggal tiga bulan lalu, saya berangkat sama ibu saya," ujar Rahmah, sapaan akrabnya, dengan mata berlinang, saat ditemui di Masjid Agung Batam Center, Selasa (14/6/2022).

Rahmah melanjutkan, setelah mendapatkan informasi dari pemerintah dalam hal ini penitia pemberangkatan jamaah haji, dengan umur yang terbilang masih sangat muda untuk melaksanakan ibadah haji, untuk persiapan, dirinya lebih kepada mempersiapkan bathin atau mental.

"Kalau kesiapan, ya paling masalah bathin aja dan mental sih, serta berusaha memperbaiki diri," kata Rahmah.

Ia mengharapkan, perjalanan haji yang dia dapatkan merupakan rahmat dan karunia dari Allah, bisa menjadikannya sebagai haji yang mabrur. "Ini merupakan rahmat Allah yang luar biasa, semoga kita semua mendapatkan rahmat-Nya, dan kami kembali lagi ke Tanah Air dengan selamat dan mendapatkan haji yang mabrur. Aamiin," tutup A Rahmah Asyifa.

Editor: Gokli