Kadis Damkar Imbau Masyarakat Batam Lebih Waspada Sistem Kelistrikan di Rumah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 14-06-2022 | 10:28 WIB
kadis_damkar-azman-01.jpg
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Batam, Azman. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Batam, Azman, mengimbau masyarakat, pelaku usaha ataupun manajemen perusahaan untuk lebih waspada lagi dengan musibah kebakaran.

Pasalnya, akhir-akhir ini kebakaran sering terjadi di pemukiman liar, rumah, gedung perusahaan hingga kapal penumpang.

"Umumnya karena korsleting. Ini yang harus diwaspadai. Di rumah, tempat kerja atau di mana pun harus benar-benar perhatikan sistem kelistrikan. Jauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari jalur kelistrikan," ujar Azman melalui sambungan telpon, Selasa (14/6/2022).

Selain kelistrikan, sumber api lainnya juga harus diperhatikan dengan teliti. Saat meninggalkan rumah, misalnya, harus dipastikan kompor atau sumber api di dalam rumah benar-benar padam atau aman sebelum meninggalkan rumah.

Untuk kawasan industri atau perusahaan kata Azman memang dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran dan itu harus aktif sepanjang waktu. Pihaknya secara rutin untuk melakukan pengontrolan demi menghindari korban jiwa atau material yang berlebihan jika kebakaran terjadi.

"Perusahaan rata-rata ada semua sistem alarm atau pemadaman otomatis. Tapi kita selalu ingatkan tetap waspada," ujarnya.

Editor: Gokli