Gubernur Optimis Belanja APBD 2022 Berjalan Lebih Baik dari Tahun Lalu
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 20-01-2022 | 12:33 WIB
ansar121.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) pastikan belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 berjalan lancar dan tidak dimulai pada akhir tahun.

Hal tersebut selaras dengan arahan yang diamanatkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat melakukan rapat kordinasi dengan seluruh forkopimda se-Kepri di Kota Batam beberapa waktu lalu.

"Kita sudah mulai proses persiapan lelang semua agar di awal tahun ini dapat kita lakukan," kata Ansar, Kamis (20/1/2022).

Dijelaskannya bahwa sempat terhambatnya belanja APBD pada tahun 2021 lalu disebabkan oleh perubahan sistem Pengenalan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan adanya recofusing anggaran.

"Memang saat itu kita harus kalkulasi kembali terkait keuangan kita. Tapi alhamdulillah belanja APBD kita sampai 93 persen di tahun 2021 laludan masuk dalam urutan ke 4 secara nasional," ujarnya.

Lanjut Ansar, pihaknya pada 2022 ini akan melakukan kontrol yang lebih baik lagi dari sebelumnya agar seluruh program yang dicanangkan pada tahun 2022 ini dapat berjalan sesuai dengan rencana.

"Kita akan kontrol dari awal agar seluruh program dapat berjalan cepat. Intinya jangan sampai menumpuk di akhir tahun, sesuai dengan amanat Pak Mendagri," tutupnya.

Editor: Yudha