Gubernur Ansar Dorong Satlinmas Jadi Garda Terdepan Jaga Ketertiban Pemilukada 2024
Oleh : Redaksi
Senin | 12-08-2024 | 18:44 WIB
Ansar-Satlinmas1.jpg
Gubernur Ansar saat menhadiri Apel Siaga Satlinmas, Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat di Nagoya Mansion Hotel, Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menghadiri Apel Siaga Satlinmas, Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum, yang diselenggarakan di Nagoya Mansion Hotel, Batam, pada Sabtu (10/8/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam memastikan kesiapan masyarakat dalam menjaga keamanan, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad menegaskan pentingnya tugas pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Ada enam tugas pokok yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan dan permukiman, perlindungan masyarakat, serta ketertiban dan keamanan," ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menjelaskan peran strategis Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai organisasi yang terdiri dari warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan khusus.

"Satlinmas berperan penting dalam membantu memelihara ketentraman dan ketertiban, terutama saat berlangsungnya pemilihan kepala daerah," tambahnya.

Kegiatan pemberdayaan ini diselenggarakan sebagai bentuk kesiapsiagaan dan peningkatan eksistensi Satlinmas dalam mewujudkan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, khususnya dalam menjaga keamanan selama proses Pemilukada. Menurut Gubernur Ansar, upaya ini merupakan bagian dari perwujudan demokrasi yang sehat di Provinsi Kepulauan Riau, yang terlihat dari capaian Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di daerah tersebut.

"Saya berharap dengan terjaganya ketertiban di lingkungan kita, khususnya pada masa Pemilukada, masyarakat dapat bebas menyuarakan pilihannya dan menciptakan iklim demokrasi yang baik dan sehat," harap Gubernur Ansar.

Ia juga menekankan pentingnya peran Satlinmas sebagai pelopor dan garda terdepan yang bersinergi dengan Babinsa dan Babinkamtibnas dalam mewujudkan Pemilukada yang aman, damai, dan kondusif.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Satpol PP Provinsi Kepulauan Riau, Hendri Kurniadi, beserta seluruh panitia dan anggota Satlinmas, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau, serta para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: Yudha