HNSI Bintan Keluhkan Biaya Pengurusan Pas Kecil, Roby: Kita Segera Carikan Solusinya
Oleh : Harjo
Selasa | 18-01-2022 | 17:04 WIB
audensi-HNSI-Roby.jpg
Plt Bupati Roby Kurniawan saat uadensi dengan HNSI Bintan, Selasa (18/1/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bintan menggelar audensi dengan Bupati Roby Kurniawan dan jajarannya, Selasa (18/1/2022).

Dalam uadensi itu, HNSI Bintan mengeluhkan biaya pengurusan Pas Kecil untuk nelayan dengan kapal 1-7 GT. Hal ini disebabkan peralihan kewenangan penerbitan Pas Kecil dari Dishub ke KSOP.

"Pas Kecil tersebut menjadi sangat penting bagi nelayan, karena tanpa dokumen tersebut, nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS)," ungkap Ketua DPC HNSI Bintan, H Baini.

HNSI, kata dia, berharap pemerintah bisa membantu nelayan dalam fasilitasi pengurusan Pas Kecil ini. Karena jika melalui jasa agen kapal, maka biaya yang ditimbulkan menjadi besar bagi nelayan.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus HNSI Bintan yang telah bekerja keras dalam membantu para nelayan Bintan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menurutnya akan segera berkoordinasi dengan sektor terkait lainnya dalam membantu persoalan para nelayan. "Nanti akan kita coba audiensi dengan KSOP dan jajaran terkait lainnya guna membantu penyelesaian masalah yang dihadapi para nelayan Bintan khususnya dalam pengurusan Pas Kecil," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain membicarakan terkait keluhan dari para nelayan, HNSI Bintan juga menyampaikan terkait pelaksanaan asuransi nelayan serta sinergitas program-program HNSI Bintan bersama Pemda ke depan.

"Tentu kita berharap semoga sinergisitas HNSI Bintan bersama Pemda Bintan bisa terjalin dengan baik ke depannya. Hal ini tujuannya tentu bagi kesejahteraan nelayan kita," tegasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bintan, Supriyono; Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat; Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika; Kadis Perikanan Bintan, Fachrimsyah; Kadis Kominfo Bintan, Aupa Samake; Sekretaris Dinas Perikanan, Rusli; Kabag Ekonomi Setda Bintan, AS Syukri serta jajaran HNSI Bintan terkait lainnya.

Editor: Gokli