Buka Musrenbang Kelurahan Lubuk Baja Kota, Rudi: Pembangunan Disesuaikan Anggaran
Oleh : CR8
Selasa | 18-01-2022 | 13:52 WIB
musrembang-lubukbaja1.jpg
Wali Kota Batam Muhammad Rudi buka Musrembang Kelurahan Lubuk Baja Kota. (Aldi Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam HM Rudi menyampaikan, pembangunan Kota Batam dilakukan secara bertahap mengingat terbatasnya anggaran yang dimiliki Pemko Batam.

"Pembangunan itu bersumber dari pendanaan, untuk sekarang ini banyak sektor terutama pariwisata yang mengalami penurunan pendapatan daerah, itu sangat berpengaruh terhadap pembangunan," ujar Rudi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan di kelurahan Lubuk Baja Kota kecamatan Lubuk Baja Selasa (18/1/2022).

Namun demikan, lanjut Rudi, Pemko Batam akan memprioritaskan perencanaan pembangunan yang sifatnya urgent dan untuk kepentingan masyarakat luas. Dimana di kelurahan Lubuk Baja Kota, penduduknya didominasi para pelaku bisnis, artinya tidak banyak permasalahan pembangunan di kawasan tersebut, namun semua usulan dari peserta Musrenbang akan ditampung dan lihat mana yang lebih penting, itu yang akan didahulukan.

"Warga di Kelurahan Lubuk Baja ini tidak sepadat di kelurahan lain yang ada di Batam, seperti beberapa kelurahan di Batuaji dan Sagulung. Artinya tidak terlalu banyak permasalahan pembangunan di sini, ditambah lagi banyak warga pelaku bisnis di sini, pihak kelurahan bisa berkomunikasi dengan RT dan RW, terkait kepentingan warga," ungkap Rudi.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Batam juga mengingatkan kepada seluruh OPD Pemko Batam agar selalu hadir dalam acara Musrenbang, ini semata-mata untuk ikut mendengarkan langsung usulan masyarakat, dan bisa mencari solusi dan mensinkronisasikan perencanaan pembangunan daerah.

"Para kepala dinas seharusnya hadir semua setiap acara Musrenbang," tegas Rudi.

Beberapa warga menyampaikan keluhannya di acara Musrenbang kali ini, seperti yang diutarakan dari pihak posyandu dan puskesmas, mereka meminta kepada Wali Kota Batam untuk menambah tenaga medis di kelurahan mereka.

Sementara warga lain merasa puas dengan kinerja Pemko Batam saat ini biar pun ada beberapa sektor yang belum maksimal, seperti penanganan sampah. Namun kedepannya para warga kelurahan Lubuk Baja Kota berharap bisa lebih ditingkatkan lagi.

Editor: Yudha