Gorong-Gorong di Jalan Hang Tuah Batam Akhirnya Diperbaiki
Oleh : Putra Gema
Senin | 17-01-2022 | 18:04 WIB
perbaikan-gorong.jpg
Proses perbaikan gorong-gorong di Jalan Hang Tuah, Batam Center, Senin (17/1/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gorong-gorong Jalan Protokol Hang Tuah, penghubung wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Bandara Hang Nadim Batam yang amblas mulai dilakukan perbaikan.

Gorong-gorong di depan Perumahan Bandara Mas yang sempat amblas lebih dari satu bulan ini mulai menjalani perbaikan. Perbaikan ini sudah berlangsung sejak 15 Januari 2022 lalu.

Pantauan di lokasi, alat berat diturunkan untuk melakukan perbaikan gorong-gorong tersebut. Dari perbaikan gorong-gorong itu, pihak kontraktor harus menutup satu jalur agar proses perbaikan berjalan lancar.

Salah satu pekerja di lokasi menyebutkan, pengerjaan itu mulai dilaksanakan 3 hari terakhir. Hal itu disebabkan pihaknya harus mulai menunggu musim kemarau agar lokasi perbaikan kering dan tidak dialiri air.

"Gorong-gorongnya amblas gara-gara pondasinya kemarin tergerus air pas musim hujan. Ini mulai dikerjakan 3 hari belakangan," kata salah seorang pekerja di lokasi, Senin (17/1/2022).

Dijelaskannya, pengerjaan perbaikan gorong-gorong ini ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu kurang lebih hingga satu minggu ke depan. "Sekitar satu minggu ke depan sudah siap sepertinya," ujarnya.

Sedangkan pantauan di lokasi, arus lalu lintas di kawasan itu tergolong padat. Hal ini disebabkan jalan yang sebelumnya memiliki 2 jalur tersebut terpaksa dijadikan menjadi 1 jalur dikarenakan adanya perbaikan gorong-gorong itu.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Jalan protokol penghubung wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Bandara Hang Nadim Batam menuju kawasan Batam Centre terancam terputus akibat dari amblasnya gorong-gorong bawah tanah di Jalan Hang Tuah.

Dugaan sementara amblasnya gorong-gorong bawah tanah ini diakibatkan oleh besarnya debit air yang dihasilkan dari kawasan Botania I dan sekitarnya pada musim penghujan, beberapa bulan terakhir.

Editor: Gokli