Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Pelabuhan Bintang 99 Batuampar
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 11-12-2021 | 09:28 WIB
kebakaran-pelabuhan-99-1.jpg
Kebakaran di Kawasan Pelabuhan Bintan 99 Batu Ampar. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Batam, AKP Yusriadi Yusuf, membenarkan adanya insiden kebakaran di kawasan Pelabuhan Bintang 99 Batuampar, Kecamatan Batuampar, Kota Batam.

Dari informasi di lapangan api mulai melalap gudang milik pengusaha besar Batam itu sekitar pukul 20.45 Wib, Sabtu (10/12/2021). "Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran," kata AKP Yusuf di lokasi kejadian.

Untuk nilai kerugian akibat kebakaran beberapa gudang di Pelabuhan Bintang 99 ini, dirinya mengaku bahwa belum mengetahui. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pantauan di lokasi, hingga pukul 00.35 Wib, Minggu (11/12/2021), tim pemadam kebakaran dari Pemko Batam dan BP Batam masih berjibaku melakukan pemadaman, meski api yang membakar beberapa gudang tersebut sudah mulai mereda.

Sebanyak 16 armada pemadam kebakaran dari Pemko Batam dan BP Batam diterjunkan untuk meninakkan kobaran api. Tidak hanya itu, sebanyak 2 unit armada water canon dari kepolisian juga turut membantu melakukan pemadaman.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut, namun dugaan sementara dikarenakan konsleting listrik.

Suasana mencekam cukup terasa di lokasi dikarenakan angin cukup kuat berhembus di lokasi tersebut. Tidak hanya itu, seluruh aliran listrik di lokasi tersebut terpaksa dipadamkan, satu-satunya sumber cahaya yang menerangi pelabuhan Bintang 99 Batuampar hanyalah kobaran api dari kebakaran gudang tersebut.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, titik api muncul pertama kali dari satu gudang travo di kawasan gudang tersebut. Dikarenakan angin yang kuat, api dengan cepat merambat ke gudang lainnya di lokasi tersebut.

Hingga Pukul 22.11 WIB, api dengan cepat merambat ke gudang lainnya di lokasi tersebut. Salah satu pekerja pelabuhan Bintang 99, Ridho, mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut mulai diketahui sekitar pukul 20.45 WIB. "Kami mulai lihat pukul 20.45, tapi gak tau kebakarnya karena apa," kata Ridho di lokasi.

Editor: Yudha