Disperindag Pastikan Stok Sembako di Batam Aman hingga Januari 2022
Oleh : CR-8
Selasa | 07-12-2021 | 19:20 WIB
sembako-aman.jpg
Kapala Disperindag Batam, Gustian Riau. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gustian Riau memastikan stok sembako di Batam mencukupi hingga Januari 2022.

Hal itu disampaikan usai mengikuti rapat dengan FKPD Batam, jelang Natal dan Tahun Baru di Lantai 4 Kantor Wali Kota Batam, Selasa (7/12/2021).

Khusus minyak goreng, kata Gustian, pihaknya sudah menyurati Kementrian Perindustrian dan Perdagangan menganai tingginya harga di pasaran dan permintaan kuota minyak goreng khusus di Kota Batam ditambah kuantitasnya.

"Kemenperin dan Kemendag sudah memberikan solusi penggunaan minyak goreng curah bisa digunakan lagi, dan sudah memberikan surat edaran (SE) tentang ditundanya larangan penggunaan minyak goreng curah hingga 2023," kata Gustian.

Tingginya harga CPO di pasaran dunia sangat berpengaruh terhadap harga pasar yang dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Batam. Untuk menjaga ketersediaan minyak goreng, Disperindag Kota Batam juga akan melakukan kerja sama dengan retail dan akan dicoba sebanyak 1.000 ton.

Sementara untuk menjaga penimbunan barang oleh distributor, Disperindag rutin setiap minggunya melakukan pengawasan ke beberapa distributor di Kota Batam. "Karena dikhawatirkan ada distributor nakal memanfaatkan situasi dan menahan barang khususnya minyak goreng," ujarnya.

Gustian melanjutkan, pihaknya akan melakukan operasi untuk menekan kenaikan harga sembako di Batam. Pertama pada 13 Desember 2021 di Kecamatan Batam Kota.

"Apabila antusias masyarakat bagus dalam orprasi pasar nanti, kita akan melanjutkan kembali operasi pasar pada minggu depannya," tutup dia.

Editor: Gokli