Aliran Limbah PT Tanindo Sukses Resahkan Warga Kampung Seisamak Tanjunguncang
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 12-08-2021 | 11:49 WIB
aliran-limbah2.jpg
Warga menunjukkan aliran limbah ke selokan milik warga. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Kampung Seisamak RT 02/RW 19, Tanjunguncang, Kecamatan Batu Aji, resah dengan keberadaan limbah yang mengalir melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Perusahaan Tanindo Sukses.

Pasalnya, limbah perusahan yang bergerak di bidang pengelolaan limbah plastik itu mengalir ke selokan milik warga, dan sudah berlangsung selama kurung waktu 4 tahun.

"Kami tinggal di sini sudah lebih dari 11 tahun. Tapi semenjak perusahan tersebut beroprasi 4 tahun lalu, kami selalu berimbas adanya aliran limbah perusahan tersebut," ujar warga sekitar, Sri wahyuni, Kamis (12/8/2021).

Bahkan, akibat aliran limbah yang mengalir di depan pemukiman warga, keluarganya terkena dampak penyakit kulit hingga demam berdarah.

"Ketika banjir air dari selokan itu masuk ke dalam rumah. Dengan adanya limbah ini suami kena DBD, anak sakit penyakit kuli dirawat 5 hari di rumah sakit," ujarnya.

Warga sekitar pernah mendatangi dan mengadukan aliran limbah tersebut ke perusahan. Namun hingga kini perusahan tidak menggubris keluhan warga.

"Limbah ini masuk ke selokan warga karena ada IPAL perusahan yang bocor. Saya juga sudah coba bersama warga yang terdampak limbah ini untuk mengkomplin ke perusahaan tetapi sampai saat ini tidak digubris," tambah Sri.

Sementara HRD PT Tanindo Sukses, Ana, yang dihubungi dan konfirmasi, hingga berita ini diungah belum memberikan tanggapan resmi.

Editor: Yudha