Pukul Ekonomi Masyarakat, Wirya: Sudah Saatnya Pemerintah Menyudahi PPKM
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 08-08-2021 | 17:04 WIB
A-WIRYA-SILALAHI11.jpg
Anggota DPRD Provinsi Kepri, Ir. Wirya Putra Sar Silalah. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPRD Provinsi Kepri, Ir. Wirya Putra Sar Silalahi, menilai sudah saatnya pemerintah mengakhiri pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Provinsi Kepri.

Hal itu, katanya, mengingat dampaknya sangat memukul ekonomi masyarakat, terutama kalangan pengusaha informal yang penghasilannya harian.

"PPKM yang sudah dilakukan sejak 12 Juli 2021 itu, disudahi sajalah. Karena sangat memukul ekonomi masyarakat, terutama kalangan informal yang penghasilannya harian," ujar Wirya kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (8/8/2021).

Sebagai gantinya, lanjut politisi Partai Nasdem yang duduk sebagai Sekretaris Komisi 4 DPRD Provinsi Kepri itu, lakukan program yang lebih efektif dan terukur. Diantaranya adalah, pertama, lakukan vaksinasi secara masif dan cepat, agar cepat tercapai herd immunity. "Usahakan tempat vaksinasi tersebar dan jangan sampai menimbulkan kerumunan," tegas Wirya.

Alumni ITB itu melanjutkan, mungkin cukup 200 orang divaksin per tempat per hari. Jadi kalau perlu 10 ribu vaksin per hari, perlu 50 tempat, kalau di Batam dengan 64 kelurahan, bisa dilaksanakan per kelurahan.

BACA JUGA: Ganti PPKM dengan Vaksinasi Masif Plus Galakkan 3M dan 3T

Kedua, tingkatkan 3T, terutama treatment, untuk mengurangi angka kematian. Ini berhubungan dengan perawatan pasien di rumah sakit. Ketersedian tempat tidur atau BOR, ventilator, ketersediaan oksigen, obat-obatan, aneka vitamin dan sebagainya.

"Ketiga, perketat disiplin Prokes 3M. Bila ini dilaksanakan pemerintah daerah, saya yakin kasus Covid-19 di Kepri akan semakin menurun dan roda perekonomian akan mulai bergerak," paparnya.

Jadi, silahkan saja warung buka, tetapi tetap menggunakan prokes 3M dengan ketat. Demikian juga dengan usaha-usah masyarakat yang lain.

Editor: Dardani