Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usulan Wirya Silalahi untuk Pemerintah Pusat

Ganti PPKM dengan Vaksinasi Masif Plus Galakkan 3M dan 3T
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 20-07-2021 | 20:16 WIB
A-WIRYA-SILALAHI1.jpg Honda-Batam
Anggota DPRD Kepri, Wirya Putra Sar Silalahi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)
Darurat hingga tanggal 20 Juli 2021, ternyata kurang efektif. Sebaliknya, kebijakan ini terasa sekali sangat memukul ekonomi rakyat.

Karena, terlalu lebih menekankan pembatasan mobilitas masyarakat dan usaha masyarakat, daripada menggalakan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Demikian ungkap anggota DPRD Kepri, Wirya Putra Sar Silalahi kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (10/7/2021).

"Mobilitas dan usaha masyarakat sebenarnya tidak memaparkan virus kepada orang, apabila orang tersebut patuh Prokes dengan 3M," ujarnya.

Wirya Putra Sar Silalahi menambahkan, PPKM itu ternyata membuat usaha rakyat sangat terpukul juga memporak-porandakan ekonomi rakyat.

BACA JUGA: Hindari Pencitraan, Pemprov Kepri Fokuslah Tangani Covid-19

"Seharusnya pemerintah fokus saja, bagaimana mendisiplinkan masyarakat agar menjalankan prokes 3M. Juga meningkatkan 3T, agar dapat menurunkan angka kematian dan tetap melaksanakan vaksinasi secara masif dan cepat," papar Wirya menyampaikan usulannya kepada pemerintah pusat.

Jangan terlalu panik dengan angka kasus positif Covid-19 baru, tetapi jauh lebih penting fokus pada angka kematian per hari. Karena 80 persen dari kasus positif adalah OTG (Orang Tanpa Gejala) dan gejala ringan dan hampir dapat dipastikan akan sembuh.

"Hanya sekitar 4 persen yang bergejala berat. Bila treatmentnya bagus, angka kematian bisa diturunkan. Dan dengan melakukan vaksinasi dapat mengecilkan orang yang bergejala berat," tegas Wirya.

Bila angka kematian dapat terus ditekan, sampai sangat kecil. Maka, sebesar apapun angka positif tidak lagi jadi masalah. Sampai akhirnya ini akan menjadi penyakit biasa.

"Untuk itu, sebaiknya pemerintah fokus saja bagaimana menjalankan program vaksinasi sebanyak dan secepat mungkin, agar cepat terjadi herd immunity. Parallel dengan itu, galakkan disiplin 3M (bukan 5M), dan tingkatkan 3T, terutama Treatment untuk mereka yg dirawat dirumah sakit, agar dapat mengurangi kematian," papar anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Nasdem itu mengakhiri.

Editor: Saibansah Dardani