Panglima Berharap Satgas MTF TNI Angkatan XIII Jadi Cerminan Militer di Lingkup Internasional
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 05-03-2021 | 11:56 WIB
panglima-kapolri-PBB11.jpg
Pelepasan pasukan Maritime Task Force (MTF) TNI di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto minta 119 personel Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI dapat menjadi cerminan untuk seluruh lingkup militer Internasional.

Dalam kata sambutannya, Hadi mengatakan bahwa pengiriman 199 diplomat militer tersebut adalah wujud nyata dari pelaksanaan 11 program prioritas TNI yang telah dicanangkan.

"TNI harus mendukung kebijakan pemerintah yang berupaya untuk meningkatkan partisipasi Indonesia pada upaya perdamaian dunia serta kancah Internasional. Pasukan perdamaian PBB menjadi salah satu upaya TNI meningkatkan diplomasi militer," kata Hadi, Jumat (5/3/2021).

Hadi mengungkapkan, segala sesuatu yang dikerjakan para prajurit tersebut di tempat tugas nanti akan menjadi cerminan TNI dan negara Indonesia di hadapan masyarakat internasional serta militer negara lain. "Tunjukkan bahwa prajurit-prajurit TNI adalah prajurit yang terlatih, disiplin, dan profesional," tegasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh personel MTF TNI angkatan XIII untuk dapat terus menghormati dan menjunjung tinggi budaya setempat.

"Pahami, kuasai, juga laksanakan setiap aturan pelibatan dan prosedur tetap dengan baik dan bertanggung jawab," tutupnya.

Dilokasi yang sama, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono mengatakan, sebanyak 119 pasukan MTF TNI ini akan diberangkat tugaskan menuju Beirut, Lebanon menggunakan KRI Sultan Iskandar Muda.

"Keberangkatan pasukan MTF TNI angkatan XIII ini untuk menggantikan KRI Hasanudin yang sebelumnya telah mengemban tugas," kata Yudo.

Diungkapkannya, selama perjalanan yang memakan waktu perjalanan 24 hari ini, nantinya pasukan MTF TNI angkatan XIII juga akan melakukan serangkaian latihan tempur bersama keamanan laut dari setiap negara yang dilintasi.

"Sebanyak 119 personel MTF TNI angkatan XIII ini akan menjalani tugas di Beirut selama satu tahun kedepan. Pasukan perdamaian PBB menjadi salah satu upaya TNI meningkatkan diplomasi militer," tutupnya.

Upacara pelepasan personel MTF TNI angkatan XIII ini dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono, Pangkogabwilhan I Laksmana Madya I Nyoman Gede Ariawan, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran lainnya.

Editor: Yudha