Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panglima TNI dan Kapolri Lepas Pasukan Perdamaian PBB ke Lebanon
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 05-03-2021 | 10:20 WIB
panglima-kapolri-PBB1.jpg Honda-Batam
Pelepasan pasukan Maritime Task Force (MTF) TNI di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi melepas keberangkatan 119 orang Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI, yang akan bergabung dengan Pasukan Perdamaian PBB di Lebanon.

Upacara pelepasan Pasukan Perdamaian PBB ke Libanon ini digelar di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, Jumat (5/3/2021).

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas secara langsung keberangkatan 119 pasukan MTF TNI.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksmana TNI Yudo Margono mengatakan, sebanyak 119 pasukan MTF TNI ini berangkat menuju Beirut, Libanon, menggunakan KRI Sultan Iskandar Muda.

"Keberangkatan pasukan MTF TNI angkatan XIII ini untuk menggantikan KRI Hasanudin yang sebelumnya telah mengemban tugas," kata Yudo.

Diungkapkannya, selama perjalanan yang memakan waktu 24 hari ini, nantinya pasukan MTF TNI angkatan XIII juga akan melakukan serangkaian latihan tempur bersama keamanan laut dari setiap negara yang dilintasi.

"Sebanyak 119 Satgas MTF TNI angkatan XIII ini akan menjalani tugas di Beirut selama satu tahun ke depan. Pasukan perdamaian PBB menjadi salah satu upaya TNI meningkatkan diplomasi militer," tegasnya.

Editor: Yudha