KMP Thandemand Terbakar di Perairan Tanjung Kasam Batam
Oleh : Harjo
Rabu | 02-10-2024 | 15:04 WIB
20241002_161814_0000.png
Proses pemadaman kobaran api di atas KMP Thandemand, yang tengah lego jangkar di Perairan Tanjung Kasam, Kota Batam, Rabu (2/10/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Thandemand mengalami kebakaran saat sedang lego jangkar di perairan Tanjung Kasam, Punggur, Kota Batam, Rabu (2/10/2024). Kepulan asap yang membubung tinggi terlihat jelas dari Pelabuhan Tanjung Uban, Bintan.

Kepala Operasi Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban, Alfaizul, membenarkan insiden tersebut. Menurutnya, kebakaran terjadi saat kapal dalam kondisi lego jangkar, tanpa penumpang di atas kapal.

"Kapal terbakar dalam kondisi lego jangkar, artinya kapal tidak sedang beroperasi dan tidak membawa penumpang," ujar Alfaizul.

KMP Thandemand sendiri biasanya melayani rute perjalanan Telaga Punggur, Batam - Tanjungbalai Karimun. Namun, pada saat insiden, kapal sedang berlabuh dan tidak melakukan pelayaran.

Begitu menerima laporan kebakaran, PPLP Tanjunguban segera mengerahkan dua kapal patroli, yakni KN Rantos P-1209 dan KN 547, untuk melakukan pengecekan di lokasi kejadian. Tugas mereka termasuk memantau situasi lapangan dan memastikan keselamatan anak buah kapal (ABK) yang berada di atas KMP Thandemand.

"Saat ini, personel PPLP bersama tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait insiden ini," kata Alfaizul.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.

Editor: Gokli