Permudah Pelayanan Masyarakat, Kini Samsat Kontainer Hadir di Harbour Bay Batam
Oleh : Paskalis RH
Senin | 09-11-2020 | 17:55 WIB
samsat-kontainer.jpg
Kepala BP2RD Kepri, Reni Yusneli saat meluncurkan Samsat Kontainer di Harbour Bay, Batuampar. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengelolaan Pajak Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kini membuka Samsat Kontainer di Harbour Bay, Batuampar, Kota Batam, Senin (9/11/2020).

Menurut Kepala BP2RD Kepri, Reni Yusneli, Samsat Kontainer yang baru dilaunching merupakan yang pertama dibangun di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Batam Center.

"Dengan dibukanya Samsat Kontainer ini masyarakat semakin di mudahkan, khususnya warga yang berada di Batuampar dan Lubuk Baja untuk membayar pajak kendaraan bermotornya," kata Reni di sela-sela peresmian Samsat Kontainer di Harbour Bay.

Pembukaan Samsat Kontainer, kata Reni, adalah dalam rangka melaksanakan pelayanan yang prima serta lebih baik kepada masyarakat. Mudah-mudahan, katanya lagi, Samsat Kontainer bisa dimanfaatkan masyarakat Batuampar dan sekitarnya untuk membayar pajak kendaraannya.

Selama ini, terang dia, masyarakat Batuampar dan Lubuk Baja yang biasanya membayar pajak kendaraan di Batam Center, kini tak perlu lagi jauh-jauh. Sebab di daerah mereka sudah ada Samsat Kontainer.

"Tentunya kita berharap ini bisa dimanfaatkan. Lebih mudah, lebih dekat dan lebih cepat tentunya," papar Reni.

Samsat Kontainer Harbour Bay, ungkapnya dibuka setiap hari kerja mulai dari pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Di sini, kata dia, melayani semua pembayaran pajak, baik itu pajak kendaraan roda dua dan roda empat.

"Ke depannya, kita juga berencana menambah Samsat Kontainer di daerah Batuaji. Tetapi untuk sementata, kita fokuskan di Harbour Bay dulu," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerimaan Pajak Daerah (PPD) Samsat Batam Center, Vira Jiansa Respaty mengatakan peluncuran Samsat Kontainer ini merupakan upaya UPT Samsat Batam Center untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Keberadaan Samsat Kontainer di Harbour Bay diharapkan dapat menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak," tambah Vira.

Ketika disinggung kenapa Samsat Kontainer didirikan di Harbour Bay, Vira menjawab, tentunya BP2RD bersama pihak terkait lainnya sudah melihat dan melakukan analisa bahwa wajib pajak yang banyak juga berada di Batuampar dan sekitarnya.

"Pembukaan Samsat kontainer ini, merupakan upaya pemerintah untuk mendekatkan diri kepada para wajib pajak, sehingga mereka bisa dengan mudah untuk melakukan pembayaran pajak," timpalnya.

Terkait dengan kerja sama selama ini, lanjutnya, baik itu antara kepolisian dalam hal ini lalu lintas dengan BP2RD dan jasa raharja sudah terbangun dengan baik. "Mudah-mudahan dengan ada samsat ini menambah semangat wajib pajak untuk membayar pajak kendaraannya," pungkasnya.

Editor: Gokli