Bayi Kembar di Batam dan Kedua Orangtuanya Positif Covid-19
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 31-05-2020 | 09:32 WIB
bayi_corona.jpg
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bayi kembar berjenis kelamin perempuan berusia 1 tahun di Kota Batam, Kepulauan Riau, dinyatakan positif Covid-19. Bayi kembar ini positif Covid-19 bersama kedua orangtuanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan kondisi bayi kembar itu relatif stabil. "Kondisi anak kembar itu relatif normal," kata, Sabtu (31/5/2020).

Didi menjelaskan, 4 orang satu keluarga itu merupakan kasus baru Covid-19 nomor 123, 124, 125 dan 126 di Kota Batam.

"Awalnya, mereka menjalani karantina di Rumah Susun BP Batam Tanjunguncang. Namun, karena telah nampak gejala terpapar virus corona, maka langsung dipindahkan ke rumah sakit swasta rujukan," terang Didi.

Kedua bayi kembar bersama orang tuanya dikarantina di Rusun BP Batam Tanjunguncang terkait dengan pengembangan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG, kasus 49 dan 82, yang merupakan jemaat gereja.

Dalam keterangan tertulis, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan saat menjalani isolasi di Rusun BP Batam Tanjunguncang, bayi terlihat lemah (dehidrasi) karena tidak mau makan dan minum.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit tempatnya dirawat," katanya.

Sama dengan dua bayi kembarnya, orang tuanya juga tengah menjalani isolasi di rumah sakit yang sama. Kondisinya juga relatif stabil.

Sementara itu, hingga Sabtu, tercatat pasien postitif Covid-19 di Batam 128 orang, 47 di antaranya dinyatakan pulih, 11 meninggal dan yang lain masih dalam perawatan.

Editor: Surya