Update 12 Mei, 2 Warga Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 12-05-2020 | 19:20 WIB
2-warga-bengkong-positif.jpg
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Batam, Azril Apriansyah. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang warga Batam yang berdomisili Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Batam, Azril Apriansyah menjelaskan, berdasarkan hasil screning dan tracing, salah satu pasien ini pernah melakukan kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif nomor 35 berinisial DD, yang telah meninggal dunia.

"Kedua kasus baru ini terdiri dari satu orang laki-laki dan satu orang perempuan. Dari kedua orang ini, salah satunya pernah melakukan kontak langsung dengan pasien nomor 35 yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu," kata Azril melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (12/5/2020).

Azril menuturkan, adapun pasien yang dinyatakan positif Covid-19 adalah seorang karyawan perusahaan swasta di Batuampar SR, laki-laki berusia 57 tahun, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 43 di Kota Batam.

Pasien ini sebelum terpapar Covid-19, kata Azril, pernah berjumpa dengan anaknya selaku ASN pada instansi vertikal Provinsi Kepulauan Riau di Kawasan Batam Centre yang pernah melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan reaktif dan dilakukan isolasi di RSKI Covid-19 Galang.

Setelah bertemu dengan anaknya, kata dia, yang bersangkutan kemudian mengikuti pemeriksaan RDT di Puskesmas Sei panas dengan hasil non reaktif. Namun seminggu kemudian, dia kembali melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan reaktif.

"Menindaklanjuti hasil tersebut, pada 08 Mei 2020 di RS Awal Bros Batam, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.

Sementara anaknya (ASN) yang tengah menjalani masa isolasi di RSKI Covid-19 Galang, lanjut Azril, masih terkonfirmasi negatif berdasarkan 2 kali hasil pemeriksaan swab. "Untuk memastikan yang bersangkutan (ASN) benar-benar negatif Covid-19, tim medis tetap menjadwalkan kembali pemeriksaan swab berikutnya," tambahnya.

Selanjutanya, kata Azril, pasien kedua yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial AM, usia 59 tahun, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 44 di Kota Batam.

"Pasien ini diketahui terpapar Covid-19, setelah pada 07 Mei 2020, dia bersama cucunya melakukan RDT di Masjid A-F dengan hasil reaktif. Hal ini berkaitan menantunya yang saat ini sedang dalam karantina di Rusun Tanjunguncang karena hasil RDT-nya reaktif serta memiliki kontak dengan kasus nomor 35," tandasnya.

Dengan kondisi seperti itu, yang bersangkutan kemudian bersama cucu dan menantunya melakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros Batam pada 8 Mei 2020 lalu. "Dari hasil pemeriksaan swab, yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, sedangjan cucu dan menantunya terkonfirmasi negatif," pungkasnya.

Dengan demikian, total jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam hingga hari ini menjadi 44 orang.

Editor: Gokli