WN India Pasien Positif Covid-19 Nomor 32 di Batam Meninggal Dunia
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 09-05-2020 | 16:53 WIB
rsud-ef-btm4.jpg
RSUD Embung Fatimah Batam. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu pasien positif Covid-19 berkewarganegaraan India, akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Embung Fatima, Kota Batam. Pasien tersebut atas nama SAA yang merupakan kasus 32 Covid-19 di Kota Batam.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batam, Didi Kusmarjadi, Sabtu (9/5/2020) sore.

"Iya benar, pasien nomor 32 terkonfirmasi positif Covid-19 berkewarganegaraan India telah meninggal dunia di RSUD Embung Fatima sekira jam 10.30 WIB," kata Didi.

Didi mengatakan, SAA akan dimakamkan sesuai prosedur Covid-19 di TPU Sei Temiang hari ini juga. Kematiannya tersebut dilaporkan ke pihak kepolisian mengingat statusnya merupakan WNA.

"Berita kematiannya kita laporkan ke Polisi saja, karena situasinya Covid-19. Jadi kita tidak berkoordinasi dengan negara asalnya," ujar Didi.

Didi menuturkan, kondisi SAA drop beberapa saat sebelum meninggal dunia. Pasalnya, selain terpapar virus corona atau Covid-19, dia juga menderita penyakit diabetes dan telah menjalani amputasi di bagian kaki.

Sebelumnya, luka bekas amputasi sudah infeksi sehingga kondisi kesehatannya terus menurun.

Sementara terkait rekan SAA, kata Didi, hingga saat ini mereka masih menjalani proses karantina di RS Galang. Semua dalam kondisi baik dan stabil.

Perlu diketahui WNA India tersebut merupakan klaster Jamaah Tablig dan dinyatakan positif Covid-19 pada 3 Mei 2020 lalu.

Selain positif Covid-19, almarhum diketahui memiliki riwayat penyakit diabetes dan sempat mendapatkan perawatan di RS Budi Kemuliaan.

Saat dirawat di RS Budi Kemuliaan tersebut, almarhum menjalani rapid test dan swab test. Hasilnya almarhum dinyatakan positif Covid-19.

Editor: Gokli