Tak Punya Rumah, Uang dan Tujuan

Mantan Napi yang Baru Terima Asimilasi Nginap di Taman Aspirasi Batam Center
Oleh : Paskalis RH
Senin | 20-04-2020 | 19:04 WIB
tidur-rumput.jpg
Mantan Napi saat tidur di Taman Aspirasi Batam Center. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Taman Aspirasi Batam Center, menjadi pilihan sejumlah narapidana yang baru dibebaskan dari Rumah Tahanan (Rutan) Barelang untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Pasalnya, para mantan napi yang baru dibebaskan setelah mendapatkan asimilasi dari Kemenkumham bingung hendak ke mana karena tak ada tempat tujuan.

Seperti yang terlihat beberapa hari lalu di kawasan Taman Aspirasi Batam Center, sejumlah mantan napi yang baru bebas, memilih tidur dan beraktivitas di kawasan taman tersebut.

Mereka beralasan tak tahu harus ke mana, karena tidak memiliki tempat tinggal serta uang.

Kepada BATAMTODAY.COM, salah seorang warga yang dijumpai di bilangan Batam Center mengatakan, para mantan napi sempat beberapa hari berada di sana. Mereka mulai beraktivitas di kawasan taman pada sore hari.

Fasilitas taman yang dilengkapi toilet umum memudahkan mereka untuk beraktivitas di sana. "Sekitar 3 harian lah mereka menginap di taman, mandi juga di sana. Ada beberapa orang, cuma saya tak tahu pasti," ujar Anton.

Sementara itu, Kabid Ketertibaan Umum Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari mengatakan sudah mendapat laporan atas keberadaan napi di Taman tersebut. Pihaknya juga sudah membubarkan para mantan napi agar tidak lagi berada di taman itu.

"Iya memang ada, sudah kami bubarkan kemarin malam. Untuk jumlah mereka saya kurang tahu pasti, namun sudah dibubarkan," ujar Imam.

Meski sudah dibubarkan, pihaknya tetap memantau dan mengawasi kawasan lain agar kejadian serupa tak terulang. "Kami tetap mengawasi taman tersebut, begitu juga kawasan lain yang mungkin jadi tempat singgah mereka (mantan napi)," pungkasnya.

Editor: Gokli