Covid-19 Mewabah, Penumpang di Bandara Hang Nadim Drop 55 Persen
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 18-04-2020 | 16:52 WIB
Bandara-Hang-Nadim-BTD.jpg
Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. (Foto : Alex)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mewabahnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, sangat berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso menyatakan, penurunan pergerakan penumpang dan pesawat sudah dirasakan sejak mewabahnya Covid-19 atau virus corona beberapa waktu terakhir.

"Sejak adanya Covid-19, tingkat okupansi transportasi udara menurun sangat drastis," kata Suwarso melalui selularnya, Sabtu (18/4/2020).

Suwarso menjelaskan, biasanya dua minggu jelang bulan suci Ramadhan atau awal pembukaan puasa, jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Namun saat ini, kata dia, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat berada di kisaran 6 ribuan penumpang per hari. Biasanya di awal puasa, jumlah penumpang mencapai 8 ribu sampai 9 ribu setiap harinya.

"Selain penurunan jumlah penumpang, maskapai juga mengurangi rute penerbangan. Untuk jumlah penumpang mengalami penurunan hingga 55 persen. Sementara pesawat yang datang dan pergi menurun hingga 45 persen," jelasnya.

Akibat adanya penurunan jumlah penumpang, sambungnya, jumlah rute penerbangan normal sekitar 52 penerbangan setiap hari, kini turun menjadi 46 penerbangan setiap harinya.

Disinggung mengenai upaya pecegahan virus corona atau Covid-19, Suwarso mengatakan, pihaknya telah menyediakan hand sanitizer di ruang tunggu, melakukan penyemprotan cairan disinfektan serta menerapkan Social Distance atau Physical Distance seperti anjuran pemerintah.

"Kalau penumpang yang datang dari luar Batam, wajib dicek suhu tubuhnya dan mengisi kartu kuning. Apabila ada penumpang yang suhu tubuh di atas 38 derajat celcius akan diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hang Nadim Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli