Bentuk Kepedulian pada Masyarakat

Kompol Arwin, Peserta Didik Sespimmen Tahun 2020 Donor Darah di PMI Batam
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 18-04-2020 | 11:48 WIB
kompol-arwin-donor1.jpg
Kompol Arwin Amrih W, SH, SIk, MH, Peserta Didik Sespimmen angkatan 60 TA. 2020 donor darah di PMI Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya untuk ditranfusikan kepada orang lain.

Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, selain bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi pendonor sendiri.

Hal ini yang dilakukan Kompol Arwin Amrih W SH SIk MH, peserta Didik Sespimmen angkatan 60 tahun 2020. Ia sengaja melakukan donor darah dengan mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Batam, Senin (13/4/2020) lalu.

Mantan Kabag Ops Polresta Barelang ini mengatakan donor darah yang ia lakukan bertujuan memberi contoh kepada masyarakat agar mau peduli dengan sesama yang tengah membutuhkan transfusi darah.

"Donor darah adalah hal yang mulia. Kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Saya sangat berharap banyak masyarakat memiliki kesadaran untuk mau menyumbangkan darahnya kepada sesama," ujar Arwin, Sabtu (18/4/2020).

Menurutnya, keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, manfaat donor darah juga bisa dirasakan bagi pendonornya.

"Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan," paparnya.

Beberapa manfaat melalukan donor darah untuk di pendonor lanjut Arwin, seperti mengurangi resiko terkena kanker, jantung dan membantu menurunkan berat badan. Kemudian, meningkatkan produksi darah dan membuat pikiran stabil.

"Bagi lanjut usia, tentunya akan menjadikan dirinya lebih sehat. Selain itu, juga membantu menurunkan kolesterol serta membantu proses penyembuhan luka, dan masih banyak manfaat lainnya," jelas lulusan Akpol tahun 2002 ini.

Ia berharap masyarakat lainnya bisa ikut berbuat baik serta peduli pada sesama yang membutuhkan. "Mari kita berbuat baik. Apalagi saat ini banyak saudara kita yang membutuhkan atau menglamai kesulitan karena situasi pandemi covid-19," pungkasnya.

Editor: Yudha