Bertambah Lagi, Pasien Positif Covid-19 di Kota Batam Jadi 29 Orang
Oleh : CR3
Sabtu | 18-04-2020 | 09:08 WIB
kadinkes-didi-new12.jpg
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga pasien di Kota Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga hari ini, Sabtu (18/4/2020), jumlah keseluruhan pasien positif Covid-19 menjadi 29 orang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM, Sabtu (18/4/2020).

Didi menjelaskan, pada Jumat (17/4/2020) kemarin, ada penambahan tiga orang lagi pasien yang terkonfirmasi positif, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 29 orang.

"Sampai saat ini, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam menjadi 29 orang," kata Didi.

Ketiga kasus baru tersebut, kata Didi, merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam dari beberapa rumah sakit di Batam.

"Hal itu berdasarkan hasil tracing dari closes contact cluster pasien positif sebelumnya, dengan kesimpulan terdapat 3 (tiga) orang perempuan terkonfirmasi positif," ujarnya.

Ketiga kasus baru itu adalah, yakni seorang erempuan berinisial Nn. SPS berusia 31 tahun, ASN, beralamat di Kawasan Perumahan Batam Centre, Kecamatan Batam Kota, merupakan kasus 27 Kota Batam.

"Sementara kasus 28 adalah seorang perempuan berinisial Ny. TA berusia 45 tahun, ASN, beralamat di Kawasan Perumahan Batam Centre, Kecamatan Batam Kota," imbuhnya.

Dan kasus yang terakhir, lanjut dia, adalah seorang perempuan berinisial Ny. YR berusia 54 tahun, ASN, beralamat di Kawasan Perumahan Tiban, Kecamatan Sekupang, merupakan kasus 29.

Ketiga kasus baru, sambungnya, semuanya ada keterkaitan dengan kasus 08, yang merupakan cluster kantor, di mana ASN yang bersangkutan tersebut bertugas.

Saat ini, ungkapnya, kondisi ketiga pasien baru itu dalam keadaan baik dan stabil tanpa ada gejala gangguan kesehatan yang berarti. Ketiganya sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit guna penanganan medis lebih lanjut.

"Untuk memutus rantai penularannya, saat ini tim survelans terus melakukan proses contact tracing terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan kasus tersebut," pungkasnya.

Editor: Yudha